Cerdas Motorik Bayi 11-12 Bulan Lewat Bermain

 

Wow, kini bayi Anda makin gagah! Ia sudah bisa mengontrol otot punggung dan bahu sehingga bisa duduk tegak. Dengan menggunakan kekuatan otot dan lengannya, bayi Anda dapat menarik tubuhnya ke posisi berdiri, kemudian menurunkannya dengan cara berpegangan pada perabot rumah.

Kini, bayi Anda mampu berdiri dan berjalan merambat sambil berpegangan pada meja atau kursi yang kuat menyangga berat badannya. Bayi juga sudah bisa mengangkat tubuhnya untuk berdiri sambil berpegangan, kemudian perlahan melepaskan pegangan dalam beberapa detik, lalu buk... ia jatuh terduduk karena keseimbangannya belum sempurna. Perlahan tapi pasti, ketika ia sudah dapat berdiri sendiri, bayi akan mencoba berjalan beberapa langkah, dan kemudian jatuh terduduk. Biarkan saja. Ketika merasa sudah siap, ia akan berjalan dengan mantap.

Umumnya, bayi sudah dapat berjalan di saat usianya menginjak setahun. Bagaimana dengan keterampilan tangannya? Hmmm... bayi Anda lagi senang memasukkan dan mengeluarkan balok-balok dari kotak. Ia juga senang memegang dengan ibu jari dan telunjuk untuk mengambil objek-objek kecil atau serpihan makanan.

Permainan yang dianjurkan:
  • Letakkan mainan favoritnya di atas kursi yang agak tinggi, lalu biarkan ia berusaha mengambil mainan itu sendiri. Pastikan perabot kursi tersebut dapat menyangga berat badannya.
  • Sediakan beberapa container atau kotak dan benda-benda yang cocok ukurannya untuk dimasukkan ke dalamnya, seperti kaus kaki, serbet, kartu mainan, dan balok-balok dari plastik. Biarkan bayi Anda memasukkan benda-benda itu ke dalam container untuk kemudian mengeluarkannya lagi.
  • Sediakan potongan wortel atau apel (ingat, potongannya jangan terlalu kecil agar bayi Anda tidak tersedak), lalu sodorkan pada bayi Anda. Lihat apakah ia akan mengambil makanan tersebut dengan ibu jari dan telunjuknya. Mungkin, Anda akan menikmati keseriusan bayi Anda yang menggemaskan.
Nah, selamat bermain bersama bayi Anda! Namun penting diingat, seberapa besar pun yang Anda lakukan, Anda tidak dapat membuat bayi Anda mencapai tahap-tahap perkembangan lebih cepat dari rentang usia normalnya. Jadi, sebaiknya yang Anda lakukan adalah membantu agar bayi tumbuh dan berkembang seoptimal mungkin.
 

 



Artikel Rekomendasi