Serunya Bermain

 

Bagi bayi, tak ada yang lebih indah dan menyenangkan selain bermain bersama ibu atau ayahnya. Asal sesuai tahapan perkembangan anak, bermain membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. Bermain bisa menstimulasi keterampilan motorik, kemampuan koordinasi, keseimbangan dan perkembangan fungsi otak bayi. Selain dapat dinikmati oleh bayi, Anda dapat mengamati ada atau tidaknya indikasi keterlambatan atau penyimpangan perkembangan. Dengan begitu, bila ada keterlambatan atau penyimpangan, Anda dapat lebih menstimulasi atau mengupayakan intervensi dini yang sesuai dan adekuat. Ayo mulai bermain dengan mengikuti langkah-langkah bermain ini:

Goyang Kanan, Goyang Kiri

  1. Gulung selembar handuk atau selimut, lalu letakkan di atas lantai.
  2. Baringkan bayi dalam posisi tengkurap di atas gulungan selimut tersebut, sehingga dada, perut dan paha bayi tersangga dengan nyaman. Namun, bila bayi Anda belum kuat mengangkat kepalanya, hadapkan mukanya  ke satu sisi.
  3. Goyangkan tubuh bayi ke samping kanan dan kirinya perlahan-lahan. Permainan ini membantu mengembangkan kemampuan keseimbangan bayi, mengembangkan kekuatan bagian atas tubuhnya, dan melatih si kecil mengontrol otot-otot tubuhnya.

Tekan Ini, Tekan Itu
  1. Letakkan sebuah mainan yang memiliki tombol-tombol dalam jarak yang mudah dijangkau tangan bayi.
  2. Tunjukkan pada bayi Anda cara kerjanya. Biarkan ia mencoba sendiri. Mula-mula, si kecil mungkin hanya dapat melakukan aktivitas sederhana, seperti memukul atau menunjuk-nunjuk dengan jarinya. Secara bertahap ia akan belajar memutar dan menekan tombol-tombol pada mainan ini, dan menikmati reaksi dari aksinya. Permainan ini membantu bayi mengembangkan keterampilan dan koordinasi jari-jari tangannya serta pemahaman tentang aksi dan reaksi.  

Cari Harta Karun 

  1. Bila bayi Anda sudah bisa merangkak, ajak ia bermain bersama di lantai.
  2. Tunjukkan padanya bahwa Anda menyembunyikan mainannya yang berbunyi di bawah selimut atau bantal dengan jarak yang dekat darinya. Katakan padanya, “Yuk, kita cari bareng, Nak...” Merangkaklah Anda di belakangnya seolah-olah Anda mengejarnya. Biarkan ia yang pertama kali menemukan mainan tersembunyi itu. Selain melatih koordinasi dan kekuatan otot-ototnya, permainan ini juga melatih kemampuan anak mengingat.   



 



Artikel Rekomendasi