3 Fakta Menarik Bayi Baru Lahir

 

Ternyata bayi baru lahir memiliki beberapa kemampuan yang luar biasa. Berikut tiga diantaranya.
  • Bayi mampu melakukan trik. Bayi baru lahir ternyata bukan hanya melulu bisa berbaring dan tidur. Banyak bayi yang sudah dapat mengangkat kepalanya selama beberapa detik begitu dia baru lahir dan sedang diletakkan di atas dada ibunya. Kemampuan ini melibatkan kemampuan otaknya untuk memberi perintah kepada otot leher. Beberapa bayi lainnya baru dapat melakukannya setelah 2-3 minggu. Hal “mengejutkan” lain yang dapat dilakukan bayi baru adalah dia mampu meniru Anda menjulurkan lidahnya.
  • Bayi tahu lebih banyak. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bayi sudah mampu mendengar sejak masih di dalam kandungan. Meski Anda tidak menyadarinya, diam-diam bayi di dalam rahim mendengarkan semua percakapan Anda. Bahkan, mereka sudah mampu mengenali aneka bau, sesuatu yang baik atau buruk, serta mendeteksi rasa manis serta asam. Otak bayi yang belum lahir sudah mampu melakukan hal-hal luar biasa tersebut. Bayi mengetahui bahwa ada sesuatu yang istimewa di dalam diri setiap orang.
  • Bayi punya cara berbeda. Bayi punya cara sendiri yang berbeda dengan orang dewasa dalam menjelajahi dunia kecilnya. Cara bayi bergerak seringkali tak terduga. Tahapan perkembangan kemampuan berjalan yang umum adalah melalui berguling, duduk, merangkak, memanjat, merayap, berjalan, dan berlari. Tapi, lebih dari 10% bayi tidak melalui tahapan merangkak, tapi langsung dari duduk mereka sudah bisa melakukan langkah pertama! Tahap merangkak merupakan tahap yang unik, karena pada tahap ini otak bayi belajar melakukan perintah koordinasi 2 gerakan, yaitu gerakan kedua tangan dan kaki untuk maju. (me)

 



Artikel Rekomendasi