7 Pertanyaan Tentang Tangis Bayi

 

Seringkali, orang tua bingung dan panik ketika bayi menangis terus menerus. Sejumlah pertanyaan pun sering terpikiran. Cari tahu mungkin ada diantara 7 pertanyaan tentang tangis bayi berikut ini.
  1. Apakah ASI sudah sesuai kebutuhan? Bila ada yang mengatakan bayi Anda yang berusia di bawah 6 bulan sering menangis karena persediaan ASI terlalu sedikit, atau dia akan lebih tenang bila diberikan tambahan susu, sebaiknya jangan percaya begitu saja. Sebaliknya, jangan ragu membicarakan kebutuhan minum bayi kita kepad dokter, kerena ASI adalah yang terbaik untuknya.
  2. Apakah bayi terlalu dimanja? Tidak sepenuhnya benar, karena bayi sebetulnya tidak dapat dimanja. Harus diingat bahwa mengangkat bayi dari tempat tidurnya dapat merupakan satu cara menghibur yang baik. Tetapi memeluk bayi secara terus menerus tidak selalu menjadi keinginan bayi.
  3. Apakah boleh diberi dot mainan? Bila memngkinkan, lebih baik hindari pemberian dot mainan. Bila bayi mulai mengisap-isap jarinya dan menangis yang sulit dihentikan, dot mainan masih boleh diberikan sesekali. Perlu diketahui, ada penelitian yang memperlihatkan bahw bayi-bayi yang mendapat ASI, bila diberikan dot mainan sejak minggu-minggu pertama menyusu, maka jangka waktu menyusuinya berkurang nyata.
  4. Apakah bayi menangis lebih sering pada malam hari? Sejak umur 2-3 minggu, sebagian besar bayi mulai memperhatikan kebiasaan menangis pada waktu tertentu, sehingga seringkali disebut sebagai jam menangisnya. Umumnya jam tangis tersebut pada sore atau menjelang malam, akan tetapi mungkin saja pada waktu lainnya.
  5. Apakah bayi boleh tidur bersama oang tua pada satu tempat tidur? Boleh, selama hal tersebut merupakan jalankeluar yang baik bagi bayi dna orang tua untuk menikmati tidur yang lebih tenang dan lebih lama. Bi ahal tersebut kurang nyaman, bayi dpat diletakkan pada tempat tidur tersendiri dan diletakkan di  samping tempat tidur orang tua. Jadi, bila bayi menangis, kita dapat segera menghibur dan memenuhi kebutuhannya. Meski tak lazim di budaya Asia, termasuk Indonesia, namun bila Anda ingin meletakkan bayi di kamar terpisah, sebaiknya kamar bayi tersebut harus mudah Anda jangkau. Dengan demikian, bila bayi menangis terus-menerus bisa terdengar, Andapun harus yakin dalam posisi tidur yang aman.
  6. Kapan tangisan bayi dianggap berlebihan? Patokan yang pasti tidak ada. Tangisan yang berlangsung lebih dari 3 jam sehari dan lebih dari 3 hari seminggu selama 3 minggu, dapat dikatakan sebagai menangis berlebihan. Bila hal ini yang terjadi, Anda harus minta nasihat dokter atau tenaga kesehatan.
  7. Kapan perlu konsultasi ke dokter? Bila kita merasa bahwa kekhawatiran kita lambat laun mempengaruhi seluruh kehidupan kita, segeralah cari informasi mengenai tangisan bayi dan bicarakan masalah itu secara panjang lebar dengan dokter.
Baca:
Atasi Bayi Kolik
Tips: Menangani Bayi Rewel di Malam Hari
Tangani Tangisan Bayi
Meredakan Tangis Bayi
Mencari Penyebab Bayi Menangis



 



Artikel Rekomendasi