9 Kiat Sukses ASI Eksklusif

 

Kehebatan ASI eksklusif dalam mendukung tumbuh kembang bayi memang tak ada yang meragukan. Agar sukses memberi ASI eksklusif selama 6 bulan, berikut 9 kiatnya:
  1. Percaya diri ibu. Keyakinan diri terhadap pemberian alam kepada setiap ibu untuk mampu menyusui adalah bahan bakar utama.  
  2. Motivasi kuat ibu. Bagaimana pun motivasi yang kuat akan memuluskan jalan menuju “tujuan”. Carilah motivasi dari berbagai sumber agar Anda tetap percaya diri dan semakin bersemangat menyusui.
  3. Afirmasi ibu untuk sukses menyusui. Salah satu cara jitu menyelaraskan keinginan untuk memproduksi ASI dengan kondisi fisik dan emosi ibu adalah dengan “menanamkan” program di kepala ibu. Sugesti melalui afirmasi positif dapat memudahkan tujuan tersebut.
  4. Ayah, “sponsor utama”. Dukungan ayah sangat penting karena berdasarkan polling terhadap para ibu yang sedang menyusui 80% menyatakan, suami adalah orang yang paling mereka harapkan menjadi penyokong utama sukses menyusui.
  5. Fasilitas pendukung. Pengenalan diri dan pengetahuan dasar menyusui memberikan mendorong Bunda membuat daftar fasilitas dan peralatan yang menunjang proses menyusui eksklusif menjadi mudah dipraktikkan.
  6. Diplomasi jitu. Tantangan tak jarang datang dalam bentuk komentar dari orang-orang sekitar. “Kasih sedikit pisang, lah Bu! Kan kasihan nanti perutnya lapar”, begitu kira-kira komentar yang mungkin saja muncul. Tak perlu gentar, Bunda! Sampaikan secara diplomatis, apa yang Anda yakini tentang kebaikan ASI, tentu dengan respek terhadap perhatian yang mereka berikan.
  7. Kepedulian sesama ibu menyusui. Hanya sesama ibu menyusui yang tahu aspirasi ibu-ibu menyusui. Jadilah pendukung “sahabat menyusui”, misalnya memberikan advis atas problematika menyusui eksklusif, jadilah salah satu “tempat curhat” sesama ibu menyusui. Anda juga dapat menjadi motivator dengan terus memberikan dukungan moril.  
  8. “Bahan bakar” murni. Karena bayi hanya membutuhkan zat-zat gizi yang terkandung di dalam air susu ibu, maka bisa dikatakan di dalam 6 bulan pertamanya, bahan bakar bayi Anda adalah “bahan bakar” murni. Demikian pula, makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu. Bahan makanan yang segar, minim zat aditif dan cairan yang cukup akan mendukung kualitas dan produksi ASI. Makan cermat ya, Bunda!
  9. Menyiapkan “tim sukses”. Namanya saja kampanye harus punya “tim sukses”, Bunda! Seandainya saja, Anda menyediakan beragam info paling aktual seputar ASI kepada suami, suatu saat suami pastilah yang menjadi corong untuk menyuarakan keyakinan Anda akan kehebatan ASI. Dengan demikian, apabila pilihan Anda memberikan ASI Eksklusif dipertanyakan suatu saat, Anda tak perlu bersusah payah menjawab. Karena “tim sukses” lah yang akan menjawab dan membantu proses edukasi seputar ASI Eksklusif.

 



Artikel Rekomendasi