Agar Bayi Prematur Cepat Besar

 

fotosearch



Batas bobot bayi permatur boleh dibawa pulang dari rumah sakit adalah1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram perhari.

Bayi prematur lahir di usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Selain perkembangan organ tubuhnya belum sepenuhnya sempurna, berat badannya juga masih sangat kecil. Untuk itu, perlu perawatan dan perlakukan khusus agar berat badanya cepat bertambah.

Nutrisi harus cukup!
  • Tambah berat badannya dengan memberi ASI tiap 3 jam sekali. Batas bobot bayi prematur boleh dibawa pulang dari rumah sakit adalah 1800 gram, dan kenaikan berat badan minimal adalah 15 gram/kilogram per hari. Misalnya ketika pulang berat badan bayi 2 kg, maka kenaikan berat badan doharapkan 30 gram/hari. Bila bayi terlihat lelah menyusu, lanjutkan pemberian ASI dengan memberi ASI perah. Tanda kecukupan cairan dan nutrisi adalah bila bayi BAK dari 6 kalo sehari, mulut dan lidahnya tampak basah, terlihat puas sesudah minum dan tentu kenaikan berat badan.
  • Pada bayi prematur tertentu, dokter menyarankan tambahan penguat atau fortifikasi ASI atau susu untuk menambah kalori dalam rangka mengejar pertumbuhan.
  • Biasanya bayi diberi suplemen vitamin dan zat besi untuk diminum.
Hemat Kalori! Batasi peggunaan kalorinya agar digunakan maksimal untuk tumbuh. Hindari memegang bayi mendadak atau secara kasar sehingga ia kaget, yang berakibat membuang energinya.

Tidak kedinginan!
  • Suhu tubuh bayi harus selalu dalam kisaran 36,5º - 37,5ºC. jaga jangan sampai suhu ruangan terlalu dingin, antara 27º - 28ºC.
  • Bila pipis, segera ganti popoknya.
  • Bila ia kedinginan atau gelisah bungkus atau bedong-namun tidak terlalu ketat dan terlalu lama sebab memepengaruhi perkembangan motorik kasar.
Kontrol rutin! Periksakan pertumbuhannya, meliputi BB/BT dan lingkar kepala, setiap 2 minggu hingga 1 bulan sesuai anjuran dokter. (me)




Baca juga:
Susu Tepat Bayi Prematur
Stimulasi Khusus Bayi Prematur
Menggendong Bayi Prematur
Hangatkan Bayi Ala Kangguru



 

 


Topic

#bayiprematur



Artikel Rekomendasi