Agar Bayi Sehat Di Tahun Pertamanya

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang penting diingat, agar 365 hari pertama dalam hidup bayi Anda adalah hari-hari yang sehat.

Tindakan Pencegahan.
  • Amat penting untuk melakukan check-up rutin di tahun pertama bayi. Mayoritas dokter anak menganjurkan kunjungan di umur 2 minggu, 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan.
  • Penting juga diperhatikan untuk memberinya imunisasi sesuai jadwal.
  • Saat check-up rutin ini, dokter akan memeriksa dan memastikan bayi Anda tumbuh dan berkembang secara normal. Inilah juga kesempatan bagi Anda untuk bertanya dan berdiskusi dengan dokter segala hal tentang bayi Anda.
  • Dokter anak adalah aset tak ternilai. Dialah tempat Anda bertanya tentang ruam popok, gigi tumbuh atau perkembangan bicara, atau walaupun Anda hanya butuh bantuan menghadapi bayi yang pilih-pilih makanan.
Tindakan Keselamatan
Sejak sebelum bayi Anda bisa bebas bergerak, ubahlah rumah Anda menjadi zona aman untuk bayi. Beri perhatian khusus pada
-  Pasang pagar pembatas di kedua ujung tangga.
-  Pasang penutup pada colokan listrik.
-  Simpan obat-obatan dan produk pembersih jauh dari jangkauan bayi.
-  Amankan korden, tali dan kabel panjang.
-  Pasang gembok atau kunci di laci dan lemari yang memuat barang-barang berbahaya.
-  Pastikan suhu air tidak melebihi 49 derajat C.

Produk pengaman. Ada banyak produk pengaman yang dijual di toko perlangkapan bayi, dari pengunci lemari dapur, pengunci dudukan toilet, pelindung pojokan meja, banyak lagi. Anda akan menemukan barang-barang yang dibutuhkan agar rumah Anda siap menampung sang bayi.

Kebiasaan aman. Sekarang jugalah saat yang tepat untuk memulai berbagai kebiasaan yang aman bagi bayi. Misalnya, menjauhkan pegangan panci dan wajan saat memasak dari jangkauan bayi, memungut barang-barang yang berserakan di lantai, menyingkirkan semua kabel listrik dan kabel telepon, atau menyimpan pajangan yang mudah pecah. Yang perlu diingat, tak peduli seberapa amannya Anda telah berusaha, tapi kecelakaan masih mungkin terjadi, dan hal ini bukanlah salah siapa pun. Untuk berjaga-jaga, selalu sediakan kotak P3K dan nomor telepon dokter anak dalam jangkauan.

Baca:
11 Penyakit Pertama Bayi Baru
9 Tips Saat ke Dokter Anak
Fakta Bayi Baru Lahir




 



Artikel Rekomendasi