Aneka Jenis Bayi Kembar

Aneka Jenis Bayi Kembar Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Senangnya jika Anda melahirkan bayi kembar. Sebenarnya, ada beberapa jenis bayi kembar yang masing-masing memiliki perbedaan. Berikut diantaranya:
  • Kembar bayangan cermin, terjadi dari kembar monozigot, yang “terlambat” memisahkan diri. Akibatnya, masing-masing bagian akan berkembang dengan sifat kebalikannya, sehingga mereka akan memiliki penampilan seperti bayangan dalam cermin. Misalnya, yang satu rambutnya keriting memutar ke arah kanan, yang lain rambutnya keriting memutar ke arah kiri, atau masing-masing memiliki tanda lahir pada tempat yang sama, tapi kebalikan, satu di kiri yang lain di kanan.
  • Kembar beda hari lahir, terjadi bila kelahiran mereka jatuh pada akhir bulan atau akhir tahun. Misalnya, bayi pertama lahir tanggal 31 Desember mendekati malam pergantian tahun. Bayi kedua lahir beberapa menit kemudian, tapi sudah melewati waktu pergantian tahun, sehingga terhitung lahirnya pada tanggal 1 Januari tahun berikutnya
  • Kembar siam, terjadi dari satu sel telur tapi mengalami proses pemisahan yang tidak sempurna. Mereka akan tetap menyatu pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti kepala dan dada, serta berbagi organ tubuh dan jaringan, misalnya hanya memiliki satu jantung.
  • Kembar identik berbeda jenis kelamin, terjadi akibat mutasi genetik yang menyebabkan kembarannya kehilangan salah satu kromosomnya. Ini dapat terjadi pada kembar identik laki-laki, sehingga kembarannya yang kehilangan kromosomnya Y, tumbuh dengan jenis kelamin perempuan. Namun, dia kelak akan menderita sindroma Turner akibat kehilangan kromosom Y yang dialaminya.
  • Kembar parasit, terjadi seperti pada proses kembar siam. Tapi, kemudian berkembang secara asimetris, dan salah satu “kalah” sehingga hanya berbentuk seperti segumpal daging yang menempel pada tubuh. Kembarannya yang “kalah” tersebut bisa tumbuh dan berkembang di dalam tubuh, misalnya di dalam perut.
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda