Apa yang Dilihat Si 1 tahun?

 

Kebanyakan orangtua tahu bayi tidak fokus melihat ketika baru lahir, tetapi tidak tahu persis berapa banyak yang bisa bayi lihat. Mata merupakan salah satu indera yang membantu bayi untuk memahami dunia. Perkembangan kemampuannya yang lain, seperti membeda-bedakan wajah seseorang
dengan yang lain atau memahami warna alam, sangat tergantung kepada apa yang dilihat oleh bayi. 

Baru Lahir
Saat baru lahir, bayi dapat memusatkan penglihatan pada objek sejauh 20-25 cm, tapi tidak melihat detail. Dia kan mengikuti objek pelan-pelan dengan matanya. Pupilnya juga berekasi terhadap cahaya terang dan dia bisa mengerjapkan mata.

Minggu ke 4
Matanya sekarang bergerak mengikuti objek dan memusatkan objek dengan sudut matanya. Penglihatannyamemang belum tajam, tapi dia bisa melihat dengan lebih baik benda-benda yang bergerak.

Minggu ke 12
Bayi tertarik pada wajah-wajah dan mengenali Anda, ibunya. Di masa ini, bayi Anda juga akan tertarik pada objek bergerak daripada diam.

Minggu ke 20
Objek diam sudah bisa terlihat jelas oleh bayi Anda, tapi dia masih lebih menyukai objek kontras, tajam, dan berwarna mencolok.

Minggu ke 28
Bayi Anda senang melihat objek yang rumit dan "rela" merubah posisi untuk melihat objek yang menarik perhatiannya dengan lebih baik. Ketajaman pandangannya 8.000 kali lebih baik pada saat dilahirkan.

Minggu ke 44
Bayi Anda memahami kedalaman dan jika merangkak tidak akan turun tangga dengan kepala lebih dulu. Bayi juga mulai mencari barang yang jatuh atau lepas dari genggamannya.

Minggu ke 52
Bayi Anda akan mengulik benda-benda yang tersembunyi atau dihilangkannya. Ia juga akan mengikuti objek ysng bergersk cepat. Pandangannya juga sudah setajam mata orang dewasa.

Setelah setahun
Jarak pandangnya masih pendek sampai ia berusia sembilan hingga sepuluh tahun. Memori visualnya tajam, dan dia bisa menemukan benda yang dihilangkan orang dewasa.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more