Bayi Berisiko Meconium Aspiration Syndrome

 

Bayi yang lahir lewat waktu, lebih dari 39-40 minggu, dapat terkena Meconium Aspiration Syndrome (MAS), yang berbahaya bagi sistem pernapasan bayi baru lahir. Jika begitu lahir bayi mengalami gangguan napas, maka akan dilakukan serangkaian tindakan untuk mengatasinya.

Risiko dan penanganannya. Jika bayi mengalami stres atau kekurangan oksigen selama dalam kandungan atau ketika proses persalinan, maka saluran pencernaan bayi akan berkontraksi mendorong meconium (feses pertama bayi) ke luar dari anus dan mengotori cairan ketuban (amnion). Akibatnya, meconium terhirup bayi dan mengotori paru-paru serta menyumbat saluran pernapasan.

Risiko MAS lebih tinggi pada bayi daripada ibunya. Bayi dapat meninggal di dalam kandungan, saat dilahirkan, atau beberapa waktu setelah dilahirkan. Ini semua dikarenakan saluran napasnya tersumbat oleh mekonium.

Jika bayi baru lahir mengalami gangguan napas, maka dokter akan melakukan pembersihan pada saluran pernapasan dan pemberian oksigen. Pada kondisi yang sangat berat, bayi mungkin perlu alat bantu napas dan pemantauan di dalam NICU.

Pencegahan. Waspadalah jika kenaikan berat badan Anda selama hamil sangat rendah atau sebaliknya sangat tinggi, hasil USG menunjukkan pertumbuhan janin terhambat, atau volume cairan ketuban berkurang. Untuk menurunkan resiko bayi mengalami MAS, ibu hamil perlu melakukan cara hidup sehat, serta:
  • lakukan pemeriksaan antenatal care secara teratur
  • menjaga kenaikan berat badan agar sesuai usia kehamilan
  • mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • tidak bekerja terlalu keras
  • cukup istirahat
  • serta tidak merokok dan minum minuman keras.

 



Artikel Rekomendasi