Bayi Mulai Tertarik Pakai Sendok

 

Bayi Anda yang kini berusia 1 tahun, mulai tertarik menggunakan sendok. Anda dapat membantunya semakin terampil menggunakan alat bantu makan itu.

Coba Anda ingat-ingat, saat usia 7 - 9 bulan, bayi sudah memperlihatkan ketertarikannya makan sendiri menggunakan jari-jarinya. Di usia kira-kira satu tahun, ia mulai tertarik menggunakan sendok. Ini ditunjukkan dengan menutup mulutnya saat Anda menyuapinya.

Dengan memberinya sendok, berarti Anda memberi kepercayaan padanya. Transisi makan sendiri dengan sendok adalah perkembangan penting dari bayi menjadi seorang anak. Makan sendiri menggunakan sendok merupakan langkah pertama anak belajar kemandirian dan percaya diri.

Awalnya, hanya sedikit makanan yang benar-benar masuk ke mulutnya karena sendok yang mengarah pada bagian atas atau bawah mulutnya. Namun, ini wajar, mengingat makan menggunakan sendok membutuhkan koordinasi mata dan tangan. Bayi akan semakin mahir dengan seringnya ia berlatih.

Persiapan Anda. Anda dapat membantu bayi Anda dengan memberinya sendok untuk digunakannya sambil bermain selama waktu makan. Ini membantunya belajar bagaimana menggenggam sendok. Beri sendok plastik sesuai ukuran mulut anak. Biarkan ia bereksperimen menggunakan sendok dan memasukkan sendok ke mulutnya.

Meski menggunakan sendok, jari si satu tahun masih sering ikut mengambil makanan dari piringnya. Untuk itu, Anda perlu mencuci tangannya, sebelum dan sesudah makan.

Proses makan sendiri menggunakan sendok ini berlangsung sukses dengan dukungan kursi tinggi (high chair ) untuk makan anak. Duduk nyaman dan bisa menopang di atas meja membuat bayi satu tahun dapat belajar menggunakan sendok dengan mantap.

Kesabaran Anda. Sabarlah melihat anak yang masih belum mantap menyendokkan makanannya ke mulut. Anda pun perlu siap-siap untuk membersihkan makanan yang tercecer, karena ia masih goyah menyendokkan makanan ke mulutnya. Alasi pakaiannya dengan tadah liur, siapkan alas untuk meja dan lantai, serta lap di dekatnya.

Makanan dengan tekstur tertentu, seperti pure kentang, dapat membantunya mempelajari keterampilan baru ini. Tekstur seperti ini membuatnya lebih mudah menggunakan sendok dan mendorongnya tetap mencoba, sekaligus mengurangi ceceran makanan yang jatuh dari sendoknya.

Sesekali, bantu bayi Anda. Suapkan makanan dengan sendok Anda. Tindakan Anda ini dapat meminimalkan rasa frustrasinya, karena makanan tak kunjung habis dari piringnya. Anda juga dapat membantu bayi satu tahun menyendok makanan dengan sendoknya dari piringnya, dan lantas membiarkannya sendiri mengangkat sendok makannya yang berisi makanan. Cara ini membuat anak tetap dapat makan dan merasa bangga, karena bisa melakukannya sendiri. Bayi Anda yang usianya sekitar satu tahun, sudahkah terbiasa memakai sendok?
 

 



Artikel Rekomendasi