Bayi Nyaman di Kantung Kangguru

 

Ada yang bisa kita tiru dari manfaat kantung kangguru, yaitu memberi lingkungan terbaik bagi bayi dan mendukung proses menyusui. Yuk, kita coba!  

Seperti bayi kangguru, bayi akan merasa nyaman di dada ibunya. Dia juga bisa menyusu lebih mudah dan mendapatkan seluruh manfaat ASI, yaitu nutrisi dan zat-zat kekebalan tubuh.

Tidak heran jika perawatan metode kangguru yang disingkat PMK, diyakini memiliki banyak manfaat bagi bayi, khususnya bayi prematur dan/atau bayi dengan berat lahir kurang dari 2500 gram. Bahkan, perawatan kontak kulit (skin to skin contact) untuk bayi baru lahir yang mudah ini - menggunakan panas badan ibu untuk menghangatkan bayi -  juga bermanfaat bagi ayah bayi, karena ayah yang bergantian dengan ibu melakukan PMK, akan memiliki bonding yang kuat dengan bayinya.
Tertarik mencoba?
  1. Siapkan kemeja longgar berkancing depan, dan sehelai kain yang panjang dan bersih.
  2. Cuci dan keringkan tangan Anda.
  3. Buka baju bayi sehingga hanya mengenakan popok, topi dan kaus kaki. Bila Anda tinggal di daerah dingin, bayi boleh menggunakan baju berkancing depan.
  4. Letakkan bayi tegak lurus menempel di dada Anda (di antara kedua payudara). Kepala bayi sedikit mendongak, menoleh ke kiri atau kanan.
  5. Pertahankan posisi tersebut dengan sehelai kain yang diikat pada tubuh Anda dan melintasi bawah pipi bayi. Perlekatan kulit harus seluas-luasnya dan langsung tanpa perantara.
  6. Kenakan kemeja longgar yang menyelimuti tubuh Anda dan bayi. Kancingkan.
  7. Karena sudah dipertahankan dalam gendongan dan tidak perlu dipegang, Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menyapu, berjalan-jalan dan lain-lain

 



Artikel Rekomendasi