Bayi Siap Lahap Makanan Padat

 

Menginjak usia 6 bulan, ASI hanya mampu penuhi 60-80% kebutuhan gizi bayi, sementara cadangan vitamin dan mineral yang didapat bayi selama dalam kandungan juga menurun. 
Masa ini adalah masa dimana bayi butuh Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, MP-ASI juga penting diberikan pada bayi untuk melatih keterampilannya mengunyah makanan. Seperti apa tanda bayi siap mendapat makanan padat?
  1. Kepalanya sudah bisa tegak
  2. Dia mampu duduk dengan atau tanpa ditopang
  3. Menemukan benda atau tangan ke mulut dan tampak senang bila menemukan rasa baru
  4. Dia tidak puas hanya diberi ASI/PASI (Pengganti ASI), dan menunjukkan keinginan minum susu lebih   sering
  5. Menunjukkan ketertarikannya pada makanan yang Anda makan. Dia tampak ikut mengunyah dan berusaha   mengambil makanan tersebut.
  6. Bayi yang telah tidur sepanjan malam, kini bangun di tengah malam dan menangis karena lapar. 

Pemberian MP-ASI sebaiknya bertahap, mulai dari yang lembut sampai yang bertekstur kasar dan tidak perlu memaksa bayi untuk menghabiskan makanannya. Jumlah yang diberikan pun perlu diukur. Bila bayi melepeh makanan yang diberikan, jangan menyerah. Melepeh adalah bagian dari proses belajar si bayi untuk menerima makanan padat.  

 



Artikel Rekomendasi

post4

Selera Bayi Terhadap MPASI

Siapa bilang bayi tidak perlu rasa saat mengonsumsi makanan pendamping ASI? Mereka juga punya selera dan membutuhkan rasa yang lezat. ... read more