Bayi Tidak Disarankan Nonton TV

 

Bolehkah bayi menonton televisi? Mungkin itulah salah satu pertanyaan orang tua seputar perkembangan bayi. Banyak pro dan kontra untuk menjawab pertanyaan ini.

Ada yang mengatakan bayi harusnya nonton televisi  supaya cepat pintar. Selain itu, TV bisa menjadi ‘teman’ saat anak sendirian. Namun, sebagian lain memiliki pandangan berbeda yang terkait dengan kesehatan mata bayi.

Pancaran sinar biru pada TV. Televisi merupakan salah satu alat elektronik yang memancarkan sinar biru yang dapat merusak retina mata bayi. Bayi lahir dengan lensa yang relatif jernih dan bening, sangat rentan terhadap sinar biru. Beberapa penelitian menyebutkan ada dua hal yang memengaruhi jumlah sinar biru yang diterima mata bayi, yakni lamanya menonton televisi dalam satu hari serta jarak pandang mata dengan televisi.

Akibat pada mata bayi. Semakin lama waktu menonton TV maka skor fungsi retina semakin rendah. Risiko terbesar kerusakan akibat sinar biru yaitu 70%-80% mencapai retina pada usia 0-2 tahun, salah satunya akibat sinar biru  dari televisi. Jadi, bayi tidak dianjurkan  menonton televisi.

 



Artikel Rekomendasi