Demi Tubuh Langsing, Jangan Korbankan Bayi

 

Selama hamil, seorang ibu memang harus naik berat badannya untuk cadangan gizi. Antara lain karena ada pertumbuhan janin, pertumbuhan rahim, dan peningkatan volume darah.

Lebih dari itu, cadangan gizi ibu juga untuk persiapan masa menyusui. Yaitu paling tidak untuk memenuhi kebutuhan bayi selama ASI eksklusif, atau sekitar 4-6 bulan pertama kehidupan bayi. Cadangan itu tentu tidak akan habis begitu saja sesudah melahirkan, malah harus dipertahankan agar produksi ASI sebanyak 800-1200 ml sehari itu bisa tercapai.

Setelah melahirkan, normalnya berat badan ibu akan kembali ke berat badan sebelum hamil. Tapi, proses tersebut perlu waktu. Untuk 6 bulan pertama, tidak usah terburu-buru menurunkan berat badan. Utamakan dulu kelancaran pemberian ASI eksklusif, setelah itu baru urusan langsing dan penampilan.
 
Justru di sini ibu harus makan dalam kuantitas dan kualitas yang betul-betul cukup. Kalau tidak, bayi yang jadi taruhannya! Bisa-bisa dia kekurangan zat gizi yang dibutuhkannya untuk tumbuh kembang optimal. Jadi, kapan Anda boleh mulai melangsingkan tubuh?. Setelah 6 bulan, Anda baru boleh mulai berdiet. Pada saat ini, bayi kan sudah mendapat makanan tambahan. Tapi ingat, diet pun ada aturan mainnya! Yang paling baik dan tidak akan mengganggu kesehatan Anda adalah, turunkan berat badan sebanyak 1 kilo dalam seminggu.
 

 



Artikel Rekomendasi