Fakta Sunat Pada Bayi Perempuan

 

Ada tradisi agama tertentu yang mengharuskan bayi perempuan disunat. Sebenarnya boleh tidak sih, sunat pada bayi perempuan? Jawabannya adalah TIDAK!

Larangan sunat terhadap bayi perempuan tentunya ada alasannya. Kalangan medis pun sudah tidak mengijinkan praktik sunat bayi perempuan. Ini faktanya:

World Health Organization (WHO), Humanitarian National, dan The International Federation of Gynecology and Obstetric, secara tegas menyatakan sunat pada bayi perempuan sebagai bentuk tindakan mutilasi yang dilarang (female genital mutilation). Sebab, tidak ada manfaatnya secara medis dan kesehatan.

The American College of Obstetrician and Gynecologist dan The College of Physicians and Surgeons of Ontario, Canada, mengeluarkan pernyataan resmi melarang setiap anggotanya melakukan sunat pada bayi perempuan, bahkan bila orang tua bayi yang meminta.

The American Academy of Pediatrics, menganjurkan anggotanya untuk memberi penjelasan dan penyuluhan kepada orang tua yang meminta dilakukan sunat pada bayi perempuan mereka. Sebab, sunat pada bayi perempuan tidak bermanfaat dan dianggap sebagai bentuk kekerasan.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia saat ini juga sudah mengeluarkan surat edaran yang melarang profesi kesehatan untuk melakukan sunat pada bayi perempuan (HK. 007.13.1047a, 20 April 2006). Dan dalam profesi kedokteran hingga tingkat spesialis, tidak ada materi pelajaran sunat pada bayi atau anak perempuan.

Jangan sakiti bayi perempuan Anda jika memang itu tidak diperlukan. Kasihan bukan, kalau ia harus menderita karena sesuatu yang tidak beralasan?

 



Artikel Rekomendasi