Ganguan Mata Malas

 

Mata Malas (ambliopia) adalah gangguan penglihatan yang terjadi pada mata sehat dan biasanya hanya dialami oleh satu mata. Tapi, bisa juga terjadi pada kedua mata.

Penyebabnya bisa akibat rangsang yang diterima otak dari mata tidak seperti yang seharusnya, ada perbedaan kemampuan pada kedua mata untuk fokus. Misalnya, salah satu mata mengalami minus atau silinder yang besar.

Gejalanya mata tidak mengikuti arah gerakan benda dengan benar. Ini sulit diketahui bila hanya dilihat secara  sepintas. Sebab mata yang malas akan terlihat seperti mata normal. Anda dapat mengeceknya antara lain dengan mengajak anak bermain “mata satu.” Secara bergantian tutuplah salah satu mata anak dan mintalah dia memerhatikan sebuah benda yang bergerak di hadapannya. Amati apakah mata balita terlihat bergerak mengikuti arah gerakan benda dengan benar.

Atasi dengan:
  • Membawa balita segera ke dokter mata anak begitu Anda menemukan tanda-tandanya. Dokter akan memberinya kacamata koreksi dan obat tetes mata. Penanganan sedini mungkin penting dilakukan agar tidak menjadi semakin buruk.
  • Melatih matanya yang malas untuk melihat obyek dengan fokus, sementara matanya yang normal diberi penutup (patch) sesuai instruksi yang diberikan oleh dokter.
  • Beri pengertian pada anak untuk mau mengenakan kacamata koreksi yang diberikan oleh dokter. Karena keberhasilan penanganan cukup besar bila dilakukan sebelum anak berusia 5-6 tahun. (me)
Baca juga:
Bisul Di Kelopak Mata
Mata Juling

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more