Indera Hebat Bayi Baru Lahir

Indera Hebat Bayi Baru Lahir  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Sedang berbicara negatif tentang bayi Anda,  tiba-tiba dia menangis? Itu karena dia mendengar kata-kata Anda, Bu! Selain memiliki indera pendengaran sangat hebat, hidung bayi juga sangat peka.

Ini faktanya. Tidak lama setelah dilahirkan, bayi  sudah dapat membedakan  mana suara  (dering telepon, dengung AC,  klakson mobil)  dan mana bahasa  (orang bercakap-cakap,  berita di televisi) meski belum mengerti apa yang dibicarakan. Umur 7 hari bayi dapat membedakan suara ibunya dan umur 14 hari membedakan suara ayahnya. Kisaran umur 5-6 bulan, mereka mulai memperhatikan kata-kata orang yang berbicara padanya dan mengerti perbedaan bahasa satu dengan lainnya (misalnya, Bahasa Inggris dengan  Bahasa Jawa).    Intinya, telinga  bayi hebat,  jadi jangan bergosip di dekat mereka!

Hidung Juga Super.  Selain telinga, indra penciuman bayi baru lahir juga tajam. Begitu dilahirkan mereka langsung mengenali bau tubuh ibunya. Jika diletakkan di dada ibu, bayi  akan  mengendus aroma ASI sehingga berusaha merangkak sendiri menuju puting (breast crawl). Indra penciuman bayi juga memiliki memori kuat.

Dalam sebuah penelitian di AS, seorang ibu hamil  diminta memakan  satu jenis permen setiap hari selama bulan terakhir kehamilannya. Saat bayinya berumur 2-3 bulan,  permen yang sering dimakan tersebut diletakkan di sisi kiri kepala bayi,  sedangkan di sisi kanan ditaruh  permen lain. Secara otomatis kepala bayi akan condong ke kiri mencari permen yang ia kenali.
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Ayah pun Ikut Menyusui   32667   
>  7 Mitos Tentang Ayah   20669   
>  Melatih Memori Bayi   5201   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak