Jika Arah Tumbuh Kuku Bayi Melenceng

 

Kuku bayi Anda terlihat rapuh, sehingga Anda pun takut melukai jemarinya. Itulah 2 alasan yang sering dikemukakan ibu baru mengapa mereka tak memotong kuku jari tangan dan kaki bayinya.

Kuku bayi yang dibiarkan tumbuh panjang sering mengalami “salah arah” tumbuh. Hal ini kebanyakan terjadi pada kuku ibu jari kaki. Kuku tersebut bukan tumbuh ke arah luar tapi ke dalam sehingga menekan kulit di sudut-sudut jari tempat tumbuhnya kuku tersebut.

Bagian ujung jari kakinya yang tertekan sudut kukunya yang tajam akan terlihat kemerahan dan kadang-kadang agak bengkak serta terasa lebih hangat dari suhu tubuh. Kondisi ini menimbulkan rasa sakit dan membuat bayi rewel, terutama bila Anda memasangkan kaus kaki.  

Begini mengatasinya
  • Rendam kaki anak di dalam air sabun hangat kurang lebih 10 menit. Bayi umumnya senang bermain air sehingga tidak akan terlalu sulit bagi Anda untuk merendam kakinya.
  • Dengan menggunakan kuku jari tangan Anda yang bersih, secara perlahan dan hati-hati, arahkan ujung kuku anak yang menekan kulit ke luar sehingga tekanan pada kulit jadi berkurang.
  • Bila memungkinkan, sisipkan sedikit kapas steril untuk mengganjal agar ujung kuku tidak menekan kulit. Gantilah pengganjal kapas ini 2-3 kali dalam sehari
  • Bila Anda sulit melakukannya karena bayi bergerak terus, lakukan pada saat ia tidur lelap.
  • Untuk sementara, jangan memakaikan kaus kaki, sepatu, maupun baju jumpsuit. Bila ingin membuat tubuhnya hangat, beri selimut tebal dan awasi jangan sampai selimut menutupi hidung/jalan napasnya.
  • Bila ujung kukunya yang tajam sudah dapat diarahlan ke arah luar serta cukup mudah dipotong, Anda dapat mengguntingnya dengan gunting kuku khusus bayi. Agar lebih mudah, lakukan saat anak tidur pulas.
  • Bila telanjur terjadi peradangan, bawa anak ke dokter. Dokter mungkin akan memberi salep atau krim antibiotik yang dioleskan di sekeliling jari kakinya yang bengkak atau terlihat merah akibat tekanan kuku yang tumbuh ke dalam. Jika anak masih kesakitan, konsultasilah ke dokter anak sebelum memberikan obat apa pun untuk mengurangi rasa sakit bayi.
Baca juga:


 



Artikel Rekomendasi