Kebiasaan Bayi Tidur

 

Menginjak usia 6-8 minggu, kebiasaan tidur bayi mulai berubah. Waktu tidur siang bayi lebih pendek dan tidur malamnya lebih panjang. Baru ketika menginjak usia 3-6 bulan, bayi baru bisa tidur sepanjang malam selama 5-6 jam tanpa terbangun. Ada beberapa kebiasaan ketika bayi tidur yang tidak Anda duga:
  • Mendengkur. Kadang-kadang suaranya keras atau mendengkur dengan pola napas  teratur.  Ini  terjadi bila hidungnya tersumbat karena pilek. Namun Anda harus waspada jika dengkurannya diselingi napas yang terengah-engah. Bisa jadi ada sumbatan di saluran pernapasannya. Segera konsultasikan ke dokter.
  • Berkeringat meski suhu kamar cukup sejuk. Wajar karena tubuhnya memiliki tingkat metabolisme yang tinggi. Akibatnya, dalam keadaan panas ataupun dingin, dia selalu berkeringat.  Ganti baju anak yang basah oleh keringat agar dia tidak kedinginan. (me)
Baca juga:
Sleep Apnea
Pola Tidur Bayi
Proses Tidur Bayi

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more

post4

Perkembangan Penglihatan Bayi

Seorang bayi belum langsung dapat melihat dengan sempurna saat ia lahir. Bayi perlu waktu sampai matanya benar-benar bisa melihat suatu objek dengan fokus dan jelas. Melalui mata, otak mengkoordinasik... read more