Keterampilan Makan Bayi 0-6 Bulan

 

ASI adalah satu-satunya jenis makanan yang dikonsumsi oleh bayi 0-6 bulan. Bagaimana dengan ketrampilan makannya? Cek di sini.

Gerak mulut. Bayi baru lahir memiliki reflek rooting atau reflek mencari puting susu ibu, yang  dapat distimulasi dengan menyentuh pipi atau mulutnya sehingga membangkitkan gerakan kepala ke arah stimulus. Setelah puting susu ibu masuk ke rongga mulut bayi, reflek selanjutnya adalah menghisap dan menelan.

Perilaku makan. Bayi memiliki kemampuan dalam merasakan kenyang dan lapar. Saat rasa kenyang muncul, ia akan menunjukkan perilaku berhenti minum. Namun ada juga beberapa bayi yang meskipun sudah banyak minum, namun tetap meminta ASI terus. Hal itu disebabkan oelh adanya perasaan tidak nyaman pada pencernaannya,  sehingga membuatnya mencari kompensasi kenikmatan oral dengan menyusu.

Kenali masalah dan atasi.
  • Gumoh, atasi dengan: jaga agar bayi tidak menyusu terlalu cepat dengan cara memberinya ASI tanpa menunggunya menjadi sangat lapar.
  • Bingung puting, atasi dengan: berikan ASI perah menggunakan sendok sehingga bayi tidak minum ASI perah dari dot yang memiliki cara kerja berbeda dengan putting ibu.
  • Tongue tied atau lidah pendek, atasi dengan: memerah ASI dan memberikannya kepada bayi dengan menggunakan sendok atau pipa sonde.(me)

 



Artikel Rekomendasi