Keterampilan Makan Bayi 6-9 Bulan

 

Tahapan perkembangan makan bayi usia 6-9 bulan semakin pesat. Bayi Anda sudah bisa dan siap menerima makanan padat, makanan pendamping ASI (MP ASI). Pada usia ini bayi mulai tumbuh gigi, gerakan rahangnya tidak lagi menyatu dengan gerakan lidah dan mulut. Lidahnya bisa bergerak ke segala arah. 

Pada saat ada makanan disuapkan ke dalam mulutnya dengan sendok, mulutnya akan membuka hingga sendok memasuki mulutnya. Bibir bawah akan menarik kedalam membantu memindahkan makanan  dan bibir atas membersihkan makanan di atas sendok. Mulai saat ini, variasikan asupan makanan supaya anak terbiasa mencoba berjenis-jenis makanan sejak awal.

Makanan padat pertama yang dapat dicobakan adalah bubur susu. Setelah sebulan atau lebih dan bayi tidak ada masalah dengan asupan pertamanya, cobakan bubur atau tim saring. Pada usia ini, bayi juga sudah bisa duduk tegak di kursi makannya (high chair). Ia juga sudah bisa menggenggam kue atau finger food yang bertekstur halus dan berusaha menggigitnya, semakin dapat mengunyah makanan dengan rahang walau giginya belum tumbuh sempurna. Perlu bersabar ketika menyuapinya karena ia suka memindahkan makanan di dalam mulutnya dengan bantuan lidah.

Bayi juga baru belajar mengoordinasikan keterampilan antara menghirup air, menelan dan bernapas sehingga membutuhkan training cup atau sippy cup untuk membantunya belajar minum dengan lebih baik.
Hidangkan: sereal bayi kaya zat besi, pure, sayur dan buah saring.

Pola gerakan mulut
  • Refleks-refleks awal mulai menghilang.
  • Membuka mulut dan menutup mulut menerima suapan dari sendok.
  • Mengunyah naik turun.
  • Memindahkan makanan dari depan ke belakang lidah untuk menelan.
Diskusikan pada dokter bila...
  • Bayi Anda suka mengeluarkan makanan atau minumnya setelah makan atau minum, dengan cara terbatuk-batuk atau memuntahkannya.
  • Ia tampak sulit menerima makanan padat pertamanya, atau ada reaksi dari tubuhnya setelah mengonsumsi makanan padat. –timbul alergi atau faeces-nya keras
  • Ia sulit menelan atau mengecap.

 



Artikel Rekomendasi