Ketrampilan Makan Bayi 6-7 Bulan

 

Selepas ASI eksklusif, sistem saraf dan otot mulut bayi sudah berkembang. Kenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI). Mulailah dengan porsi seujung jari.

Gerakan mulut. Reflek penolakan lidah, reflek hisap lidah dan menelan cairan mulai berkurang. Sistem saraf dan otot mulut bayi sudah berkembang, sehingga ia mulai mampu membuka mulut saat melihat sendok mendekat, dan mengatupkan bibir atas atau bawah ke dalam saat sendok dikeluarkan dari mulutnya. Lidahnya akan bergerak untuk memindahkan bubur lembut ke belakang, agar dapat ditelan.

Perilaku makan. Bayi akan memulai memakan makanan padatnya dengan porsi seujung jari, kemudian baru sesendok penuh. Di usia ini, ia sudah bisa makan sambil duduk di kursinya  -dengan dibantu- dan giginya mulai tumbuh. Saat Anda memberi cangkir berisi air minum, dia akan meminumnya sedikit, walau ada juga yang tumpah.

Jenis makanan. Pisang, pir, apel, alpukat, serealia dari beras, zucchini, atau labu parang,  yang disaring atau dilumatkan dengan tekstur cair menyerupai air susu, lalu secara bertahap dikentalkan.

Kenali masalah dan atasi:
  • Sembelit, atasi dengan: mengencerkan tekstur makanan yang akan diberikan pada bayi.
  • Alergi, atasi dengan: memberlakukan aturan “4 days wait rule”,  yaitu memberi satu jenis makanan yang sama selama 4 hari berturut-turut untuk melihat apakah ada reaksi yang timbul akibat makanan tersebut.   Jika ada reaksi alergi, eliminasi makanan alergen itu. (me)
Baca juga:
Tahap Ketrampilan Makan Bayi
Teknik Memberi Makan bayi

 



Artikel Rekomendasi