Bayi Kolik, Berikan Pijatan

 

Enam dari 10 bayi menderita karena kolik. Pijat dapat meredakan nyeri dan mencegah serangan gangguan pencernaan ini.
Tenangkan diri Anda dulu sebelum memijat bayi kolik. Karena, memijat bayi yang sedang menjerit-jerit saat Anda sendiri tegang, hasilnya kurang baik. Ya, konsentrasi Anda jadi terganggu. Ambil langkah-langkah menenangkan diri seperti menarik napas panjang, meminta orang lain menggendong bayi agar Anda bisa keluar ruangan, menenangkan diri sejenak, dan lain-lain.


Hanya pada serangan kolik, bayi yang sedang menangis boleh dipijat. Karena, sebenarnya pijat tidak dianjurkan untuk dilakukan pada bayi yang sedang menangis. Jadi, dalam konteks serangan kolik yang menyakitkan dan membuat bayi tidak nyaman, aturan tersebut jadi pengecualian.


Untuk mulai memijat bayi, berikut langkahnya:


Baringkan bayi di lantai beralas. Satu tangan Anda menggenggam kedua tangannya, letakkan di atas dadanya, dan tangan Anda yang satu lagi letakkan di atas perutnya. Katakan, Anda paham dia kesakitan dan Anda akan menolongnya dengan memberi pijatan untuk mengusir rasa sakit. Jagalah intonasi suara Anda agar lembut dan menenangkan bayi.

Balurkan minyak di perut bayi, tapi pastikan tangan Anda tidak dingin sebab perpaduan antara tangan yang dingin dan minyak di perut yang sedang sakit, malah tidak nyaman! Dengan tangan yang cukup hangat, balurkan minyak secara merata di perut bayi searah jarum jam.

Lakukan gerakan menyendok (scooping) menggunakan seluruh jemari, mulai dari atas pusar ke arah tulang kemaluan –seperti gerakan menggali tanah dengan tangan. Lakukan 6 kali dan hitunglah dengan suara yang bisa Anda dengar sendiri untuk menjaga konsentrasi.

Gerakkan lutut bayi ke perut. Caranya: pegang kedua pergelangan kaki bayi dengan erat, lalu tekuk kaki bayi –kedua lutut saling rapat– dan dorong lutut hingga menekan perut dengan lembut. Tahan sejenak, lakukan 6 hitungan, lalu lepaskan sambil menggerakkan kaki dengan gerakan seperti memompa naik turun, sambil mengatakan, "Relaks... relaks… relaks.”

Lakukan g
erakan membentuk huruf n, dilakukan mulai dari arah usus buntu bayi (sebelah kiri Anda) ke arah usus pembuangan menyeberangi perut. Lakukan 6 hitungan dengan suara yang cukup terdengar. Hati-hati, saat jari turun ke usus pembuangan, stop di sana, angkat jari dan pindahkan jari ke arah usus buntu, mulai lagi ke hitungan berikutnya.

Ulangi rangkaian pijat dari awal sebanyak 3 kali pada bayi yang tengah diserang kolik. Untuk bayi yang memang menderita kolik, lakukan rangkaian pijatan 3 kali sehari, 3 set, selama 4 minggu, sampai kolik berkurang. Untuk pencegahan, lakukan pijatan ini 3 set, 1 kali saja saat pulang dari berpergian.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more

post4

Natal Teeth, Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Kalau bunda pernah mengalami hal ini pastilah kaget. Kok bisa, tumbuh gigi sebelum berumur 6 bulan? Jarang terjadi, tapi orang tua tidak perlu khawatir kalau mendapati bayi tumbuh gigi di usia sangat ... read more

post4

Perkembangan Penglihatan Bayi

Seorang bayi belum langsung dapat melihat dengan sempurna saat ia lahir. Bayi perlu waktu sampai matanya benar-benar bisa melihat suatu objek dengan fokus dan jelas. Melalui mata, otak mengkoordinasik... read more