Kontrol Pertama Bayi Ke Dokter

 

Jadwalkan segera “kencan pertama” bayi yang baru lahir dengan dokternya. Mengingat kondisinya yang masih rentan, bayi yang baru lahir perlu dipantau kesehatannya secara rutin, 3-7 hari setelah lahir. Apa yang dilakukan dokter ketika kontrol pertama bayi?
  • Pemantauan berat badan. Untuk mengetahui normal tidaknya proses tumbuh kembang. Baisanya berat badan bayi akan turun sekitar 5-7% dari berat lahirnya. Penurunan berat badan ini umumnya terjadi pad ahari ke-3 atau ke-4.
  • Pemantauan panjang badan. Untuk mengetahui normal tidaknya proses tumbuh kembang bayi. Pada bulan-bulan pertama, umumnya panjang tubuh bayi bertambah sekitar 3,8 hingga 4,4 cm.
  • Pengukuran lingkar kepala. Untuk memantau perkembangan otaknya, serta ada tidaknya kelainan pertumbuhan tulang tengkorak bayi. Lingkar kepala bayi laki-laki pad asaat lahir berkisar 32-36 cm (rata-rata 35 cm) dan bayi perempuan berkisar 31-37 cm (rata-rata 33 cm).
  • Pemeriksaan golongan darah. Untuk mengetahui golongan darah bayi sama atau tidak dengan ibu, ayah atau nenek dan kakeknya.
  • Pemeriksaan rhesus darah. Untuk deteksi dini adanya kemungkinan bayi memiliki jenis rhesus yang berebda dengan rhesus Anda. Perbedaan rhesus antara Anda dan bayi bisa menyebabkan ganguan yang dikenal sebagai bayi kuning.
  • Kecukupan ASI. Untuk mengetahui kecukupan ASI sesuai kebutuhannya. Pada hari ke-3 setelah lahir, normalnya Anda akan memberikan ASI sebanyak 8-15 kali dalam sehari atau antara 2-3 jam sekali.

 



Artikel Rekomendasi