Makanan Untuk Mata Sehat

 

Nutrisi tepat menunjang kesehatan mata bayi Anda. Berikan dalam makanannya sehari-hari.

Kecukupan gizi yang menunjang kesehatan mata bayi memang mutlak. Gizi yang seimbang termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh mata bisa didapat dari makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu kesehatan mata dan menjaga penglihatan bayi.
  • Vitamin A mengandung karotenoid yang diperlukan untuk mengubah cahaya menjadi sinyal listrik untuk diproses di otak dan menjaga pertumbuhan kornea dan selaput konjungtiva. Vitamin A penting dalam fungsi retina, dan juga  membantu mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap, selain berfungsi mengurangi risiko terbentuknya katarak. Diperoleh dari sayuran berwarna kuning-jingga seperti wortel, sayuran berwarna hijau seperti brokoli, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning-jingga, seperti tomat, arbei, semangka, dan mangga. Selain itu vitamin A juga ada pada pangan hewani seperti hati, telur, dan daging.
  • Taurin dibutuhkan untuk perkembangan retina sejak dini. Kekurangan taurin  menyebabkan retinitis pigmentosa yaitu rabun pada mata dengan gejala pandangan kabur dan ada bintik hitam di mata yang berisiko mata menjadi buta. Diperoleh dari daging merah dan susu. Tidak terdapat dalam sayuran dan buah.
  • AA-DHA, Asam arakidonat (arachidonic acid/AA) dan asam dokosaheksaenoat (docosahexaenoic acid/DHA), suatu asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang (long chain polyunsaturated fatty acids/PUFA),  merupakan fondasi utama pembangun jaringan saraf di retina (saraf mata) dan otak. Diperoleh dari  ASI sebagai sumber AA dan DHA terbaik, juga pada lemak ikan laut dalam seperti ikan kembung, tenggiri, salmon.
  • Lutein berperan sebagai pelindung mata terutama retina dari bahaya radiasi sinar biru dan dapat digunakan sebagai antioksidan. Diperoleh dari ASI, sayuran hijau seperti bayam, dan terdapat sedikit pada wortel.
  • Vitamin C mampu mengurangi risiko terkena katarak selain memperkuat tulang dan otot serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Diperoleh dari buah jambu klutuk, pepaya, bayam, kangkung, brokoli, jeruk, stroberi dan paprika.  
  • Vitamin E mampu memperlambat perkembangan katarak. Diperoleh dari kacang-kacangan seperti tauge, kacang hijau, sayuran berdaun hijau, dan produk yang diperkaya vitamin E.
  • Selenium dan zinc mampu melindungi mata dari radikal bebas karena mineral-mineral ini membantu tubuh menyerap antioksidan sehingga mencegah penyakit mata karena mampu melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV). Diperoleh, untuk selenium, dari kacang kedelai, kacang polong, susu rendah lemak, dan makanan laut (ikan, kerang, udang). Sedangkan zinc bisa diperoleh dari keju, yogurt, daging merah, dan beberapa sereal yang diperkaya dengan mineral zinc.
Baca:
Bantu Mata Bayi Melihat dengan Baik
Agar Mata Bayi Tetap Berbinar
Gangguan Mata Bayi
Deteksi Kelainan Mata Bayi

 



Artikel Rekomendasi