Masalah Kulit Bayi: Eksim Susu

 

Eksim susu atau disebut dermatitis atopi adalah salah satu masalah kulit paling umum ditemukan pada bayi. Ditandai bercak merah dengan gelembung berisi air di area mulut, pipi dan sekitarnya, orang tua tak jarang dibuat panik 

Bukan karena ASI. Eksim ini biasanya timbul di daerah pipi. Eksim susu ditandai dengan bercak-bercak merah dengan gelembung-gelembung kecil berisi cairan jernih, seperti jerawat. Tetapi di sekitar gelembung, kulit nampak kering. Bayi yang mengalami eksim susu biasanya akan merasakan gatal dan setelah sembuh, tak jarang  akan kambuh. Selama ini banyak yang menganggap eksim susu terjadi akibat cipratan ASI saat menyusu (itulah sebabnya disebut sebagai eksim susu). Padahal tidak demikian, justru ASI dapat mencegah gangguan kulit, seperti halnya eksim susu, karena mengandung zat antibodi.

Penyebab dermatitis atopi ini adalah faktor keturunan (genetik) yang dipicu pula kebersihan yang kurang terjaga, debu, keringat berlebihan, iritasi oleh sabun, detergen, pelembut pakaian dan bahan kimia lain, serta alergi terhadap makanan tertentu. 

Cara mengatasi:
  • Berikan ASI untuk menghindari alergi susu formula yang dapat mencetuskan eksim susu.
  • Kulit dirawat secara teratur dengan memakai pelembab khusus bayi.
     

 



Artikel Rekomendasi