Mata Bayi Baru Lahir

 

Sebagian bayi tidak bisa langsung membuka matanya ketika lahir. Tekanan saat melewati jalan lahir membuat matanya membesar, bengkak dan sembab hingga tidak dapat membuka matanya. Tapi tenang saja, mata itu hanya bengkak sementara.

Bila ingin bayi segera membuka mata, beri "pancingan" agar matanya terbuka. Posisikan bayi berdiri saat menggendongnya dan dengan adanya refleks "mata boneka" (doll's eye reflex, kelopak matanya akan terbuka seperti mata boneka.

Di minggu pertama, mata bayi kadang akan tampak merah. Ini disebabkan pembuluh darah kecil di mata bayi pecah dan meninggalkan garis merah di bagian putih mata atau di sekitar iris mata. Kondisi ini biasa terjadi pada bayi baru lahir dan tidak meninggalkan kerusakan permanen. mata merahnya akan hilang dalam 2-3 minggu.

Ada juga bayi yang matanya terus berair, dipenuhi kotoran mata dan berkerak. Ini terjadi karena penyumbatan di saluran air mata akibat infeksi. Bayi memiliki saluran air mata yang menyalurkan air mata dari mata ke bukaan di dekat hidung. Namun, kadang saluran ini tidak sepenuhnya tebuka saat lahir hingga akhirnya air mata tersumbat. Air mata bayi baru keluar saat bayi berusia 1-3 bulan. Sebelum waktu tersebut, ia tidak akan mengeluarkan air mata meski menangis. (me)

Baca juga:
Jarak Pandang Mata Bayi
Gangguan Mata Bayi
Periksa Mata Bayi

 



Artikel Rekomendasi