Mata Juling Bisa Dikoreksi

 

Jika kondisi mata malas bayi dibiarkan, maka kemampuan melihatnya secara tiga dimensi, kelak akan terganggu. Bahkan, bukan tak mungkin mata tersebut jadi tidak bisa melihat selamanya.

Juling pada bayi sebaiknya segera ditangani. Kalau memang perlu dioperasi, sebaiknya segera dilakukan sebelum anak berusia dua tahun. Pada dasarnya penanganan juling pada bayi harus disesuaikan dengan kondisi julingnya.
  • Juling karena mata malas, yaitu salah satu matanya yang tidak aktif melihat, maka koreksiyna dilakukan dengan menutup yang normal, agar otot mata yang malas diatih untuk bekerja.
  • Juling karena keterbatasan penglihatan, biasanya karena rabun dekat, diperlukan kacamata plus. Perbedaan kemampuan melihat antara mata kanan dan kiri sekitar 1,5 saja, sudah bisa menyebabkan mata bayi tampak juling.
  • Juling karena otot mata panjang sebelah, maka dibutuhkan operasi. Operasi ini dapat dilakkan sekali, atau lebih dari sekali. Boleh dibilang, operasinya ringan, cepat sembuh dan efek sampingnya hampir tidak ada. Tapi, karena membutuhkan pembiusan total, dokter yang akan mengoperasi perlu konsultasi dengan dokter spesialis anak untuk melihat kondisi kesehatan anak.

 



Artikel Rekomendasi