Menangani Kelainan Hidrokel Testis

 

Salah satu kelainan pada kelamin bayi laki-laki yakni hidrokel testis sulit dicegah. Kelainan ini berupa penimbunan cairan dalam selaput yang membungkus testis (buah zakar, buah pelir). Bagaimana menanganinya?

Penyebab hidrokel pada bayi baru lahir adalah  saluran tempat turunnya testis dari rongga perut ke dalam skrotum (kantong buah zakar) masih terbuka, padahal seharusnya sudah menutup sebelum bayi dilahirkan. Akibatnya, cairan selaput rongga perut mengalir melalui saluran  tersebut dan terperangkap di dalam skrotum sehingga skrotum membengkak. Hidrokel yang umumnya berbentuk bulat, berbatas tegas dan kenyal ini bisa terjadi di salah satu atau kedua skrotum.

Hidrokel testis yang membuat testis tergencet akan mengganggu fungsi testis. Kondisi ini bisa memengaruhi kesuburan anak yang bersangkutan di kemudian hari. 

Berbahayakah? Ya. Bila tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa mengakibatkan pengecilan testis. Hidrokel juga bisa membuat bayi tidak nyaman atau terganggu aktivitasnya karena rasa sakit yang ditimbulkannya.

Perlu diperhatikan
  • Tunggu hingga anak mencapai usia 1 tahun dengan harapan lubang   yang ada akan menutup sendiri.  
  • Pertimbangkan dan konsultasikan dengan dokter untuk mengambil tindakan pembedahan (operasi) bila hidrokel masih ada setelah bayi berusia 12–18 bulan, atau  berukuran cukup besar sehingga mudah mengalami trauma. 


 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more

post4

Natal Teeth, Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Kalau bunda pernah mengalami hal ini pastilah kaget. Kok bisa, tumbuh gigi sebelum berumur 6 bulan? Jarang terjadi, tapi orang tua tidak perlu khawatir kalau mendapati bayi tumbuh gigi di usia sangat ... read more

post4

Perkembangan Penglihatan Bayi

Seorang bayi belum langsung dapat melihat dengan sempurna saat ia lahir. Bayi perlu waktu sampai matanya benar-benar bisa melihat suatu objek dengan fokus dan jelas. Melalui mata, otak mengkoordinasik... read more