Mengatasi Bayi yang Alergi Telur

 

Telur adalah salah satu bahan makanan sumber protein yang mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi sejak anak mendapat makanan pendamping ASI, yaitu usia 8 bulan dengan memberikan kuningnya dahulu. Namun, ada bayi yang alergi terhadap telur.
 
Jika anak menderita alergi, tunda pemberian telur sampai usia satu tahun. Kalau di usia tersebut anak masih alergi, hindari lagi pemberiannya, dan dicoba lagi pada usia berikutnya. Kemungkinan, pada usia 2-3 tahun alergi itu sudah hilang. Kalau pun anak tetap alergi, tak perlu risau, masih banyak bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi sama dengan telur, misalnya daging, ayam dan ikan.

Mengatur makan bayi penderita alergi, sama dengan bayi lain yang tidak alergi, yaitu makanan yang bergizi seimbang. Kalau bayi Anda sudah usia 1 tahun bisa masuk pada makanan keluarga dan dihindari makanan penyebab alergi. Hanya saja, setelah diketahui jenis makanan sumber alergi (alergen), maka perlu juga dicari bahan alergen yang tersembunyi.

Pada bayi Anda jika alergi telur, perlu dihindari juga makanan seperti cake, biskuit, nugget, ayam goreng tepung, dan cookies yang semuanya diproses dengan tambahan telur.
 

 



Artikel Rekomendasi