Menolak Hadiah Susu

 

Jelang pulang dari rumah sakit bersalin, biasanya Anda akan menerima “hadiah” berupa susu formula dari rumah sakit untuk bayi Anda. Diminumkan tidak ya.?

Bukan hal yang aneh jika rumah sakit bersalin memberikan susu formula bayi saat Anda hendak pulang. Bahkan jika Anda memberikan ASI untuk si kecil sekalipun. Kondisi ini mungkin dikarenakan gencarnya promosi produsen susu bayi.

Sebagian rumah sakit meneruskan pemberian susu formula ini dan sebagian lain menghentikan karena melihat kenyataan pemberian ASI oleh ibu terus meningkat. Sementara di AS, pemberian susu formula bayi hanya boleh diberikan jika ada permintaan dari dokter atau sang ibu.

Anda harus percaya diri untuk memberi ASI eksklusif selama 6 bulan walau Anda dibekali susu formula bayi dari rumah sakit. Karena kandungan gizi pada ASI sudah mencukupi semua kebutuhan bayi selama periode tersebut.

Jika Anda memang memutuskan memberi susu formula kepada bayi Anda sebagai selingan ASI nantinya, lebih baik Anda membeli sendiri dikemudian hari. Jangan sampai pemberian susu gratis tersebut mensabotase pemberian ASI ekslusif kepada bayi Anda.

 



Artikel Rekomendasi