Mitos Tidur Bayi

 

FOTO: ©TONY METAXAS/ASIA IMAGES/CORBIS

Banyak mitos yang dipercayai para ibu soal tidur bayi. Coba baca jawaban Dr.William Sears,penulis buku The Baby Sleep Book: The Complete Guide to a Good Night's Rest for the Whole Family. Dijamin Anda tak bingung lagi.


1. Menyusui anak lebih banyak di malam hari akan membuatnya tidur lebih lama.
Menurut Dr. Sears, jika Anda menidurkan bayi dengan perut terlalu penuh akan membuatnya kembung dan sulit tidur.  Menyusuinya sore hari dan memberi makanan tambahan dengan gizi  cukup di siang hari akan membantunya tidur nyenyak .

2. Bayi yang terlambat tidur akan membuatnna tidur lebih baik.

Bayi yang tidur larut akan menjadi hiperaktif. "Dia sulit tenang dan jika tidur akan sering terbangun,” kata Dr. Sears. Cobalah menidurkannya  dalam waktu yang sama setiap hari dengan selalu memerhatikan tanda-tandanya seperti  menguap, menggosok-gosok mata atau rewel. Buatlah  jadwal  jam berapa  ia menunjukkan tanda-tanda itu  dan jadikan itu sebagai jadwal  tidurnya.

3. Beberapa  bayi  tidak butuh tidur siang.
Pola tidur siang anak memang berbeda. Tapi anak di bawah 1 tahun membutuhkan tidur siang hari. "Jika tidak mereka akan lelah dan rewel,” kata Dr. Harvey Karp  penulis buku dan DVD The Happiest Baby on the Block: The New Way to Calm Crying and Help Your Baby Sleep Longer Lebih baik jika waktu tidurnya sama setiap hari. Cobalah membuat kamar temaram dengan menutup tirai  dan memutar musik lembut.   

4. Bayi akan tidur nyenyak sepanjang malam  di usia 2 -3 bulan.
Di usia 3 bulan, bayi yang minum ASI mungkin akan bangun setiap 3 atau 5 jam. “Bayi akan bangun agar bisa bertahan. Jika ia lapar, kepanasan, kedinginan atau sulit bernapas ia akan bangun untuk memperoleh bantuan,”  kata Dr. Sears. Bayi akan bangun 5 – 6 jam sekali ketika ia berusia 6 bulan, tapi ada juga yang tidak seperti itu. Cara terbaik adalah menidurkan bayi pada jadwal tidurnya.

5. Membiarkan bayi tidur di tangan Anda akan membuatnya sulit tidur sendiri.
Bayi akan relaks dan tidur setelah mereka makan. “Khususnya saat mereka digendong yang membuatnya merasa aman,” kata Dr Karp.  Jadi,tidak masalah bayi baru tidur di tangan Anda. Tapi saat menginjak 6 minggu letakan ia  di tempat tidur setelah Anda mengayun-ayunnya di tangan hingga tidur.

 



Artikel Rekomendasi