Pastikan Bayi Sehat Dengan Screening Test

 

Dengan wajah gembira Anda menyambut bayi yang terlahir normal. Tapi tak ada salahnya melakukan screening test untuk antisipasi!
Walau terbilang jarang, bayi yang terlihat normal dan sehat, adakalanya menderita kelainan serius yang tidak terdeteksi mata kita. Namun, Anda tak usah kuatir, ada uji tapis (screening test) yang mempu mendeteksi kelainan tersebut sedini mungkin. Dengan deteksi dini, dokter bisa mengambil tindakan segera agar gangguan bisa diminimalkan bahkan disembuhkan.

Pemeriksaan dini. Tidak sulit, kok, melakukannya! Anda bisa segera memeriksakan si kecil sebelum meninggalkan rumah sakit bersalin. Atau, lakukan tes ini 7 hari sesudah kelahiran.

Dokter akan mengambil sedikit contoh darah bayi Anda dari salah satu tumit. Sampel darah lalu diuji di laboratorium. Di Indonesia, gangguan atau kelainan pada bayi baru lahir yang diuji adalah PKU (phenylketonuria). PKU adalah gangguan metabolisme yang jika terdeteksi segera bisa ditangani secara tepat bisa disembuhkan. Anda juga bisa memeriksakan bayi Anda untuk kemungkinan gangguan hipotiroid congenital, yakni kekurangan hormon tiroid. Kedua kelainan tersebut jika dibiarkan akan mengakibatkan keterbelakangan mental dan masalah pertumbuhan.

Jika terdeteksi secara dini, kedua kelainan tersebut bisa disembuhkan. Dengan pemberian susu khusus, PKU bisa diatasi. Demikian pula hipotiroid congenital yang bisa ditangani dengan pengobatan sejak dini agar pertumbuhan bayi tidak terganggu.

Hasil tes. Hasil yang mungkin Anda terima hanya dua: positif dan negatif. Jika dokter menginformasikan hasilnya negatif, tentu Anda bisa bernafas lega.

Tetapi apabila positif, biasanya bayi Anda akan diuji ulang untuk memastikan apakah hasil tes pertama sudah benar. Jika hasilnya tetap sama, dokter akan memberi saran, tindakan terbaik yang perlu dilakukan sebagai langkah penyembuhan.

Anda pasti ingin memberikan bayi Anda yang terbaik. Untuk memastikan kondisi kesehatannya, yuk, lakukan screening tes segera setelah bayi lahir!

 



Artikel Rekomendasi