Pengaruh Kualitas ASI Pada Berat Bayi

Kualitas maupun kuantitas ASI mulai menurun sejak bayi berumur 9 bulan. Anak Anda sekarang telah berumur dua tahun dan sudah dapat makan makanan biasa seperti orang dewasa. Hal tersebut baik sekali untuk pembentukan pola makan dan masukan zat gizi yang berguna.

Pada waktu seorang anak berumur dua tahun, maka komposisi ASI sudah menurun sekali dalam segi kuantitas maupun kualitas. Bila anak tetap diberi ASI, maka anak akan cenderung mengisap atau mengempeng, namun tidak mendapat susu dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu, ASI sebaiknya dihentikan saat anak berusia dua tahun dan menjamin kecukupan masukan zat gizi yang baik.

Mengenai berat badan yang ideal untuk anak berumur dua tahun, menurut kurva pertumbuhan anak dari CDC-NCHS 2000 yang dianjurkan untuk digunakan secara internasional:
  • Berat badan rata-rata ( sama dengan Persentil 50) untuk anak laki-laki adalah 12,6 kg, sedangkan untuk anak perempuan adalah 12 kg.
  • Untuk anak dengan berat lahir 2,5 kg, berat badan minimal pada umur 2 tahun adalah sekitar 10,4 kg untuk anak laki-laki dan 10,2 kg untuk anak perempuan.
Untuk jadwal makan anak usia 2 tahun keatas, sebaiknya adalah :
  • Makan biasa 3 kali sehari
  • Makan selingan 2 kali sehari -- misalnya : biskuit, kue, bubur kacang hijau dan susu formula (bukan susu kental manis) dua kali satu gelas / hari.
  • Makan pagi dapat diberikan misalnya nasi dengan telur atau dapat diganti dengan makanan penukar seperti roti, jagung atau kentang. Makan siang dan sore dapat diberikan nasi dengan lauk pauk yang terdiri dari ikan, tahu, tempe, sayur, dilengkapi dengan buah-buahan. Dianjurkan untuk memberikan makanan dengan komposisi diet yang seimbang.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Dicubit Teman
Pernahkah anak Anda dicubit oleh temannya sampai biru?
Ya
Tidak