Pentingnya ASI Eksklusif Bagi Lambung Bayi

 

Keistimewaan ASI eksklusif adalah jawaban bagi kebutuhan bayi akan nutrisi yang lengkap dan penuh gizi. ASI mudah dicerna oleh lambung, sehingga tidak akan menimbulkan masalah pencernaan.
 
Kandungan probiotik dalam ASI menjadi salah satu alasan mengapa pemberian ASI memiliki peran penting dalam pembentukan mikroflora dalam saluran pencernaan. ASI memiliki efek bifidogenik yakni menciptakan kondisi yang nyaman untuk bakteri menguntungkan agar dapat hidup dengan subur. JIka bayi tidak mendapatkan kebutuhan bifidobakteria secara alami pada awal kehidupannya, pemberian bakteri hidup berupa probiotik adalah jawabannya. Jadi tak perlu ragu memberikan ASI eksklusif pada bayi.
 
Makanan sehat untuk pencernaan. Setelah bayi menikmati ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi akan membutuhkan makanan pendamping ASI. Biasanya di awal usia makan ini, bayi menjadi rentan terhadap masuknya bakteri merugikan melalui kontaknya dengan makanan yang kurang higienis.
 
Untuk itu ibu harus memperhatikan kebersihan makanan bayi dan memberikan makanan yang mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Berilah bayi Anda makanan tambahan yang mampu menjaga tingkat pH lambung bayi dan menyediakan karbohidrat yang dicerna secara lambat sehignga mampu mencapai usus besar. Salah satunya adalah makanan dengan laktosa yang tinggi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more