Penyebab Kelainan Jari pada Bayi

 

Bila anak mengalami penyimpangan pertumbuhan jari, konsultasikan lebih dahulu kondisi anak kepada dokter ortopedi. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kelainan jari pada anak.

Kelainan genetika pada tangan dan jari-jari biasanya berkaitan juga dengan gangguan perkembangan sejumlah organ lainnya. Yakni, organ-organ yang berasal dari jaringan awal yang sama (mesodermis), di antaranya jantung, ginjal, tulang belakang dan kerongkongan. 

Kelainan jari akibat kelainan genetika pada anak diantaranya
Diantara sekian banyak faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya kelainan  jari tangan dan kaki anak, yang sering terjadi adalah:  
  • Kelainan genetika, mutasi gen, atau penyakit warisan dari pihak ayah, ibu, atau keduanya.
  • Penyakit infeksi, misalnya infeksi virus, yang diderita ibu selama masa hamil.
  • Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi ibu dalam jangka waktu cukup lama, dan termasuk dalam rentang waktu terjadinya proses tumbuh-kembang tangan dan jari-jari. Misalnya, terapi obat kanker dan beberapa jenis obat anti-mual (talidomid).
  • Masalah selama masa kehamilan, misalnya posisi janin tidak normal sehingga tangan dan jari terhambat pertumbuhannya.
Kalaupun kelainan jari ini terjadi pada anak, setiap kelainan jari pada Polidaktili maupun Sindaktili atau Brakidaktili masing-masing memiliki cara penanganan yang berbeda.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more

post4

Operasi Payudara, Tunda Dulu

Sedikit banyak, operasi payudara akan mengganggu proses menyusui. Simak jawaban dari beberapa pertanyaan seputar menyusui paska operasi payudara berikut ini... read more

post4

Reflek Mengenggam Bayi

Genggaman yang dilakukan bayi 0-2 bulan merupakan gerakan refleks. Jemarinya sebenarnya selalu tergenggam, namun jarinya akan bergerak secara otomatis membuka dan menutup lagi setiap menyetuh atau dis... read more