Perubahan Menakjubkan Anak 1 Tahun

 

Siap untuk takjub? Karena bayi Anda akan banyak mengalami perubahan menakjubkan di usia 1 tahun. Perubahan apa saja?

Banyak bunda dan ayah menemukan bahwa kegembiraan menjadi orangtua makin bertumbuh besar pada masa-masa setelah ulang tahun pertama anak. “Anak 1 tahun jauh lebih interaktif dari sebelumnya. Ia adalah manusia kecil yang selalu ingin tahu dan sangat tertarik pada dunia di sekelilingnya,” ujar Miller Shivers, PhD, psikolog dari Children’s Memorial Hospital di Chicago (AS). Inilah 5 alasan untuk merayakan tahun penuh inspirasi tersebut.

1. Ia bisa mengatakan keinginannya, dengan caranya sendiri. Walaupun belum mampu sempurna secara verbal, umumnya anak sudah dapat menunjukkan apa yang ia inginkan. Ia akan mengangguk tanda “ya” atau menggelengkan kepala tanda “tidak”. Dan dalam beberapa bulan setelah ulang tahun pertamanya, kemampuan bahasa anak perlahan akan muncul. “Awalnya kosa kata yang dikuasai hanya terbatas pada beberapa kata, namun setelah 18 bulan, ia bisa menambahkan sekitar sembilan kata baru setiap hari,” kata Roberta Golinkoff, PhD di buku How Babies Talk. Makin hebat lagi, selain kemampuannya mengucap kata, adalah ia kini bisa mengerti ujaran Anda kepadanya. Seakan-akan tiba-tiba saja ia bisa mengikuti perintah sederhana, macam “Ayo, ambil sepatumu”, atau “Jangan makan itu!”

2. Ia mulai punya kepribadian. Ketika bayi, anak Anda bisa jadi sudah menunjukkan tanda-tanda watak masa depannya. Tapi sekaranglah saatnya temperamen sesungguhnya mulai nampak jelas dan menjadi fokus anak. Ia akan menemui lebih banyak situasi yang akan menantang reaksinya –Anda akan bisa melihat apakah anak Anda termasuk anak yang easygoing atau serius, pemalu atau bintangnya pesta.

3. Ia kagum pada banyak hal. Kapan terakhir kali Anda melihat sehelai daun melayang perlahan jatuh ke tanah? Barangkali sudah bertahun-tahun lalu –dan tak Anda pikirkan. Tapi buat anak usia 1 tahunan, daun jatuh atau burung melompat adalah hal baru dan merupakan peristiwa yang membuat matanya terbelalak takjub. “Si 1 tahun terus berusaha mencari tahu dan membuka rahasia mengapa sesuatu hal bisa terjadi,” kata Linda Sonna, PhD, penulis buku The Everything Toddler Book.

4. Ia rajin tebar cinta. Tentu Anda sudah tahu bahwa ia mencintai Anda. Tapi dengan eksistensinya kini, yang bukan bayi lemah lagi, ia sangat ingin menunjukkan betapa besarnya ia mengagumi Anda, dengan memeluk kaki Anda ketika Anda pulang dari kantor, atau menghujani Anda dengan ciuman sebelum tidur. “Ia sekarang sudah cukup umur untuk mengerti interaksi sosial,” kata Mary Ann LoFrumento, MD, penulis buku Understanding Your Toddler. “Ia belum bisa mengekspresikan rasa cintanya secara verbal alias dengan kata-kata, namun ia tahu bagaimana menunjukkan cintanya –dan ia sangat berharap mendapat balasan.”

5. Ia pikir Anda lucu. Sangat mudah untuk membuat anak 1 tahun tertawa: Buat saja mimik lucu, atau pura-pura ngobrol dengan sepatunya, maka ia akan langsung tertawa terbahak-bahak. “Anak usia 1 tahunan sedang berusaha memilah segala hal di dunia, sehingga bila kita melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan atau hal yang aneh, ia akan menganggapnya sebagai lawakan,” jelas Dr. Mary Ann. Yang lebih menakjubkan lagi: Ia selalu mencari cara untuk membuat orangtua atau pengasuhnya tersenyum.

 



Artikel Rekomendasi