Reflek Mengenggam Bayi

 

Belaian lembut Anda pada permukaan tangan bayi merupakan awal mula pelajaran menggenggam. Meskipun, tangan bayi sudah berada di posisi menggenggam sejak ia lahir.

Genggaman yang dilakukan oleh bayi 0-2 bulan merupakan sebuah gerakan refleks. Jemarinya sebenarnya selalu tergenggam, namun jarinya akan bergerak secara otomatis membuka dan menutup lagi setiap menyentuh atau disentuh. Tindakan refleks ini akan dilakukan bayi yang baru lahir secara alami agar tetap hidup.

Refleks menggenggam akan menghilang dengan sendirinya setelah ia berusia 2 bulan. Kemudian tangannya yang mungil tidak lagi sering mengepal, tangannya mulai membuka dan menutup serta mulai menjangkau mainan yang menarik.

Berikan stimulasi:
  • Dekatkan tangan Anda di telapak tangannya sesering mungkin. Lalu tarik perlahan agar jari-jari bayi belajar untuk mempertahankan genggamannya.
  • Berikan pengalaman menjelajah pada tangan bayi. Misalnya dekatkan tangannya dengan hidung Anda agar ia bisa menggengam hidung Anda. Kontak skin to skin antara Anda dan bayi akan menambah tali cinta kasih Anda berdua.
  • Letakkan mainan dengan ukuran kecil sehingga bisa digenggam dengan mudah oleh bayi. Atau letakkan boneka di atas tempat tidurnya, agar bayi tertarik untuk menggapainya. Namun, letaknya jangan terlalu jauh dari tangannya. Ini sekaligus dapat melatih otot-otot tangannya. (me)
Baca juga:
Tangan Bayi Bisa "Bicara"
Cintai Bayi Lewat Sentuhan


 



Artikel Rekomendasi