Saat Bayi Asma

 

Tanya jawab soal bayi terserang asma. Mulai dari gejala, perawatan hingga pengobatan asma pada bayi.

Jika napas bayi terdengar seperti mengi, apakah ia terserang asma?
Mengi (napas yang diikuti dengan suara seperti bunyi siul melengking) menandakan adanya sumbatan jalan napas bagian bawah. Sumbatan ini bisa disebabkan infeksi (umumnya karena virus), benda asing (karena tersedak misalnya) atau salah satunya asma. Jadi tidak selalu mengi itu pertanda asma.

Apa sebenarnya penyakit asma itu?
Asma merupakan kondisi hiperreaktivitas saluran napas yang ditandai dengan gejala batuk, sesak atau mengi lama dan berulang. Biasanya keluhan semacam ini akan timbul di saat malam atau menjelang dini
hari disertai adanya riwayat alergi pada keluarga. Keluhan akan muncul bila alergi terganggu. 

Apa saja gejala asma yang terlihat?

Gejala asma bisa berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 2 minggu) atau batuk yang berulang (dalam 3 bulan berturut-turut mengalami batuk hingga 3 kali) yang disertai dengan sesak napas atau mengi. Kondisi batuk, sesak napas atau mengi semakin parah di malam hari hingga dini hari. Bila gejala bertambah berat maka bisa dikatakan si kecil mengalami serangan asma.

Apa yang menyebabkan bayi terserang asma?
Asma terjadi bisa karena faktor alergi genetik yang diturunkan dari orangtua atau nenek/ kakek. Dan bertambah parah jika kondisi lingkungan kurang kondusif, seperti: paparan asap rokok, infeksi virus, cuaca panas berdebu, udara dingin di musim hujan.  

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah bayi terserang asma?
Pencegahan agar si kecil ‘selamat’ dari asma bisa dimulai sejak masa kehamilan, misalnya ibu hamil menjalani gaya hidup sehat dengan tidak merokok. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang merokok kemungkinan anaknya terserang asma sangat besar.

Ketika bayu baru lahir, asma dapat dicegah dengan cara memberikan ASI eksklusif dan dengan menciptakan lingkungan yang juga bersih serta sehat. Dan, tentu saja dengan menghindari faktor pemicu alergi, baik itu makanan atau debu.
 
Bagaimana cara menangani asma pada bayi?
Tentu saja penanganan asma perlu dikonsultasikan dengan dokter anak. Namun, umumnya dokter akan memberikan obat untuk meredakan keluhan dengan obat inhalasi. Terpenting adalah menghindari faktor pemicu dan kenali tanda-tanda ketika asmanya kambuh agar Anda cepat tanggap untuk mengobatinya.

Apakah asma pada bayi bisa disembuhkan jika diketahui dan diobati sejak dini?
Asma tidak bisa disembuhkan namun dapat dikendalikan dengan menghindari penyebab munculnya gejala serangan asma. Dengan pengendalian yang baik maka penderita penyakit asma bisa terbebas dari gejala yang mengganggu sehingga dapat menjalani aktivitas hidup sehari-hari.

Benarkah anak yang asma harus sering pergi ke pantai?

Tidak ada hubungan langsung antara udara pantai dengan asma. Namun, jika dilihat secara rasional mungkin hal ini terkait dengan kondisi lingkungan di pantai yang biasanya lebih bersih dan bebas polusi, sehingga udara juga lebih segar.

Benarkah berenang dapat mengurangi asma?
Semua olahraga dapat mengurangi gejala asma bila dilakukan dengan benar dan teratur. Kalau olahraga dilakukan secara berlebihan justru akan memicu munculnya serangan asma. Berenang juga harus dengan
aturan yang benar, seperti pemanasan dulu, kondisi kolam renang yang sehat dan bersih serta suhu lingkungan yang tidak terlalu panas atau dingin.

Konsultasi dr. Retno Asih Setyoningrum, SpAK, RS Dr Soetomo, Surabaya


 



Artikel Rekomendasi