Segar dan Hijau di Kamar Bayi

 

Lingkungan hijau segar dapat Anda wujudkan lewat dekorasi kamar bayi. Bagaimana penataannya? Simak yang berikut ini.

Dinding
  • Warna alam seperti langit (putih), laut (biru), gunung (hijau) atau gurun (cokelat muda) memberikan kesan damai dan nyaman. Pigmen terang memantulkan sinar dan menciptakan efek lebih cerah serta menghemat pemakaian lampu.
  • Cat tembok ramah lingkungan berlabel "free lead and mercury", "low volatile organic compound" atau "green label", aman untuk kesehatan karena bebas toksik. Pilih yang berformula daya sebar luas karena hemat dalam pemakaian, bisa dicuci (awet, tidak perlu sering cat ulang), anti jamur, dan beraroma segar.
  • Tanpa wallpaper untuk mengurangi konsumsi kertas
Lampu. Pilih yang hemat energi. Semisal lampu hemat energi yang 8 watt, terangnya setara lampu pijar 80 watt.

Lemari baju kayu. Pilih perabot dari kayu yang ramah lingkungan yang tercantum label "eco-label"

Gorden. Pilih bahan katun organik, patchwork kain perca atau materi kain yang kuat dan awet dan mudah dicuci. Pilihan lainnya, vertical blind kayu.

Lantai
  • Kayu parquet lokal (jati, merbau, kelapa, sungkai, sonokeling, bangkirai, ulin). Pilih juga yang kuat dan tahan lama
  • Karpet. PIlih dari bahan alami seperti rotan, bambu, akar wangi, rumput laut atau wol organik
  • Keramik. Pilih keramik alam lokal
Kipas angin lebih ramah lingkungan ketimbang air conditioner (AC). Karena kipas angin lebih kecil menyedot listrik

Bukaan jendela dan pintu lebar. Hal ini agar sirkulasi udara lapang dan sinar matahari masuk. Menghemat AC dan lampu. Jangan lupa faktor keamanan. JIka di lantai 2, lengkapi dengan pengaman teralis

Tempat sampah rotan alas spunbond. Kain spunbond adalah bahan non woven pengganti kantong plastik. Bisa dicuci, dipakai ulang dan murah. Gunakan untuk alas tempat sampah di kamar. Tujuannya agar hanya memakai satu kantong sampah plastik besar untuk menggabungkan seluruh sampah rumah.

Plafon tinggi. Fungsinya sama dengan bukaan jendela dan pintu lebar, yakni melapangkan sirkulasi udara.

Pajangan kamar (boneka kapuk) minimalkan jumlahnya untuk mencegah paparan debu. Jika ada, pilih materi dari alam (kain, kayu, rotan, bambu, batu alam), mudah terurai, proses pembuatan tidak banyak menghasilkan limbah atau dari material bekas. Perhatikan juga faktor keamanan seperti bebas toksin, tidak mengandung partikel kecil, ujung tidak runcing dan tidak berjeruji untuk menghindari risiko bayi terjepit.

Boks bayi knockdown
  • Bisa diubah jadi ranjang saat usia bayi bertambah sehingga masa pakainya lama
  • Pilih kayu ramah lingkungan, pada produknya tercantum label "eco-label". Perusahaan semacam ini biasanya mengambil kayu dari perusahaan kayu yang melakukan tebang tanam kembali, bukan illegal logging. Proses pengawetan, pelapisan dan pengecatannya juga ramah lingkungan (bebas toksik).
Kelambu pengusir nyamuk ramah lingkungan. Atau alternatif lain tumbuhan sodia

Sprei linen organik. Mirip sutera, dibuat dari material organik serbuk kayu dan teknik pewarnaan metode pencelupan tak beracun

 



Artikel Rekomendasi