Sepatu Sesuai Usia Bayi

 

Memilih sepatu tidak bisa asal pilih. Berbagai pertimbangan musti dilihat karena pemilihan sepatu yang salah dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Sebaiknya pilih sepatu yang paling tepat untuk usianya.

Berikut jenis-jenis sepatu yang paling tepat untuk digunakan sesuai usia bayi 0-12 bulan:
  • Bayi baru lahir – 3 bulan. Cukup kaus kaki yang nyaman dan hangat. Bahan terbuat dari katun atau kaus agar menyerap keringat. Hindari karet yang terlalu ketat.
  • 3-6 bulan (tengkurap). Sarung atau kaus kaki atau kaus kaki berbentuk menyerupai sepatu dengan alas tipis.
  • 5 bulan (merayap). Kaus kaki yang menyerupai sepatu. Terbuat dari kain yang lebih tebal pada bagian punggung kaki dan tidak bertali untuk melindungi punggung kaki bayi yang menyentuh lantai. Ujung sepatu dan tumit pun harus lentur dan kuat.
  • 7-12 bulan (merambat dan mencoba duduk). Alas kaki memiliki bagian yang agak tebal pada tumit, bertekstur, dan tidak licin. Bagian pinggir sebelah luarnya pun sebaiknya kokoh untuk melindungi bagian pinggir kaki bayi.

Sebaiknya hindari membeli sepatu dengan ukuran lebih besar dari ukuran kaki anak dengan alasan ukuran kaki anak cepat berubah. Sepatu yang longgar malah akan membuat kaki anak mudah tergelincir.       

 



Artikel Rekomendasi