Siasat Minum Obat Saat Menyusui

 

Inilah siasat tepat supaya air susu ibu tetap aman bagi bayi selama ibu harus minum obat. Karena, bayi sangat tergantung ASI sebagai sumber minuman sekaligus makanan. Berikut yang harus diperhatikan.
  • Hindari minum obat minggu pertama. Partikel atau molekul kimia obat yang berhasil
    masuk ke dalam plasma darah Anda, akan menembus sel-sel pembentuk jaringan yang melindungi sel-sel penghasil air susu atau sel-sel alveolar di dalam payudara.
    Bila molekul-molekul obat itu masuk ke dalam sel-sel penghasil air susu, maka mereka akan terkandung di dalam air susu yang diproduksi ibu.
    Selama minggu pertama pasca persalinan, sel-sel penghasil air susu akan membengkak. Kondisi ini mempermudah berbagai jenis senyawa antibodi (immunoglobulin), sel-sel limfosit darah, aneka protein di tubuh ibu, serta molekul-molekul obat. masuk dan tercampur ke dalam AS!.Maka sedapat mungkin hindari
    konsumsi obat selama minggu pertama masa laktasi.
  • Pantau gejala efek samping obat. Mungkin terjadi pada anak, di antaranya bayi terlihat
    mengantuk, malas minum ASI atau kulitnya tampak kuning. Hentikan sementara konsumsi obat bila hal itu terjadi dan minta pada dokter obat jenis lain yang lebih ringan dan aman dengan manfaat serupa.
  • Berikan susu formula untuk sementara pada bayi Anda bila obat Anda tak dapat digantikan dengan obat lain, sampai gejala efek samping obat hilang. Kembali berikan ASI setelahnya.
  • Hentikan pemberian ASI untuk sementara bila Anda dalam masa terapi dengan penyinaran radioaktif.
Pada beberapa kondisi mungkin membuat Anda harus "bekerja keras" soal minum obat selama menyusui. Tapi hal itu tak ada artinya ketimbang mengutamakan kesehatan bayi Anda. Benar kan?

 



Artikel Rekomendasi

post4

Natal Teeth, Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Kalau bunda pernah mengalami hal ini pastilah kaget. Kok bisa, tumbuh gigi sebelum berumur 6 bulan? Jarang terjadi, tapi orang tua tidak perlu khawatir kalau mendapati bayi tumbuh gigi di usia sangat ... read more