Sindroma Bayi Lahir Lewat waktu

Sindroma Bayi Lahir Lewat waktu  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Bayi lahir lewat dari waktu normal kelahirannya, 38-140 minggu, dapat mengalami sebuah sindrom yang cukup berbahaya Meconium Aspiration Syndrome (MAS) yakni gangguang pada sistem pernapasan.  

MAS adalah gangguan serius pada sistem pernapasan bayi baru lahir, akibat menghirup mekonium (feses pertama bayi) ke dalam paru-parunya. Mekonium ini bisa terhirup selama proses persalinan.

Penyebab:
  • Umumnya terjadi pada kehamilan lewat bulan (kehamilan sudah memasuki bulan ke-10) atau usia kehamilan lewat dari 40 minggu.
  • Proses persalinan yang lama, yakni lebih dari 24 jam atau proses persalinan kala (tahap) pertama lebih dari 12 jam. Keadaan ini mengakibatkan bayi mengalami stres karena kekurangan oksigen sehingga saluran pencernaan bayi berkontraksi mendorong mekonium keluar dari anus dan mengotori cairan amnion. Akibatnya, mekonium terhirup bayi dan mengotori paru-paru serta menyumbat saluran pernapasan.
  • Bayi terlalu besar dan tidak dapat melalui rongga panggul ibu untuk dilahirkan secara alami (“macet” di tengah proses persalinan). Bayi yang lewat waktu memang cenderung berukuran lebih besar dari bayi yang dilahirkan cukup waktu.
  • Janin-janin yang mengalami kekurangan oksigen selama masa kehamilan karena ibunya memiliki kebiasaan merokok, bekerja terlalu berat, atau menderita penyakit seperti kencing manis dan pre-eklampsia maupun eklampsia (komplikasi kehamilan).
Yang berisiko:
  • Ibu hamil yang berpola hidup kurang sehat, seperti merokok sebelum dan selama hamil.
  • Ibu hamil penderita diabetes, baik diabetes mellitus maupun diabetes gestasional (diabetes kehamilan). Sebab, bayi-bayi mereka cenderung berukuran besar sehingga berisiko mengalami persalinan sulit atau terjadi komplikasi.
  • Ibu hamil penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Ibu hamil dengan lingkar panggul kecil atau memiliki kelainan pada tulang panggul, tapi memiliki bayi berukuran besar dan melahirkan dengan persalinan alami. Ini meningkatkan risiko proses persalinan yang lama karena bayi seringkali tersangkut di rongga panggul.
Risikonya: lebih tinggi pada bayi daripada ibunya. Bayi dapat meninggal di dalam kandungan saat dilahirkan, atau bebrapa saat setelah dilahirkan.

Maka waspadalah bila kenaikan berat badan Anda selama hamil sangat rendah atau sebaliknya sangat tinggi, hasil USG menujukkan pertumbuhan janin terhambat, atau volume cairan ketuban berkurang.
Untuk menurunkan risiko bayi mengalami MAS:
  • Lakukan pemeriksaan antenatal care secara teratur.
  • Menjada kenaikan berat badan agar sesuai usia kehamilan.
  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Tidak bekerja terlalu keras dan cukup istirahat.
  • Tidak merokok dan minum minuman keras.
Baca juga:
Fakta Bayi Meconium Aspiration Syndrome (MAS)




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88266   
>  Olahraga Terbaik Ibu Hamil   36068   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29576   
>  Mengasuh Anak Autis   21289