Susu Tepat Bayi Prematur

 

Penelitian membuktikan, ASI adalah makanan paling tepat untuk bayi, termasuk bayi prematur. Jadi, bukan susu formula! Bahkan, susu formula yang difortifikasi atau diperkaya zat-zat gizi tambahan untuk membantu proses tumbuh-kembang bayi prematur pun, tidak banyak berbeda efeknya dengan susu formula biasa.
 
Pernyataan ini dibuktikan riset Dr. Winston W. K. Koo dari Wayne State University and Hutzel Hospital, Detroit, AS. Dalam risetnya yang dilaporkan American Journal of Clinical Nutrition edisi Desember 2006, diteliti 89 bayi prematur yang secara acak diberi susu formula biasa dan lainnya susu formula yang telah difortifikasi.

Dugaan semula, bayi-bayi yang diberi susu formula yang difortifikasi akan memiliki skor kesehatan yang lebih baik ketimbang bayi yang diberi susu formula biasa. Kenyataannya, dari hasil pengukuran berat dan panjang badan, kandungan mineral dan kepadatan massa tulang, serta tebal jaringan lemak antara bayi-bayi yang diberi susu formula yang difortifikasi, tidak menunjukkan perbedaan yang menyolok dan berarti dengan bayi-bayi yang diberi susu formula biasa. Jadi, sampai saat ini belum ada yang dapat mengalahkan khasiat ASI bagi bayi!

 



Artikel Rekomendasi