Tanda Bayi Siap Duduk

 

Selain merangkak, kemampuan bayi untuk duduk merupakan tonggak perkembangan penting. Umumnya, bayi bisa belajar duduk saat ia memasuki usia 5-6 bulan. Ia akan bisa duduk sendiri pada usia 7-8 bulan dan duduk dengan lincah usia 9 bulan. Tentu tumbuh-kembang tiap bayi berbeda, ada yang lebih cepat, ada yang butuh waktu lebih lama. Sebelum mengajarkan bayi duduk,  lihat dulu tanda-tanda kesiapannya.

1. Bayi sudah bisa mengangkat dan menggerakkan kepalanya. Biasanya terjadi pada usia bayi 3-4 bulan. Ini tanda yang menunjukan bahwa perkembangan tulang belakang dan leher bayi berjalan sempurna. Lakukan:
  • Latih leher bayi Anda dengan aktivitas tummy time, yaitu kegiatan-kegiatan yang bertumpu pada perut. Perhatikan bagaimana bayi Anda berusaha mengangkat kepalanya dari posisi tubuhnya yang terlentang. Tummy time juga memperkuat otot kepala, bahu dan punggung.
  • Rangsang bayi Anda untuk berlatih mengangkat kepala dan dada, dengan mainan menarik. Angkat mainan ke atas dengan perlahan dan perhatikan bagaimana mata bayi mengikuti gerakan itu dan mencoba mengangkat kepala dan dadanya.
2. Bayi sudah mampu membalikkan tubuhnya, dari posisi telentang ke posisi tengkurap dan sebaliknya, dengan aktif. Lakukan:
  • Rangsang bayi Anda untuk memutar tubuhnya dengan stimuli yang menarik  -dari mainan kesayangannya atau lewat suara-suara.
  • Biarkan bayi melenturkan pinggul dan pinggangnya. Dalam posisi telentang, ia harus bisa menekuk kedua kakinya secara bersamaan dan bisa memegang pergelangan atau telapak kaki.
3. Bayi sudah mampu memegang sesuatu, mengangkatnya dan menggerak-gerak-kannya. Ini tanda bahwa perkembangan motoriknya bagus. Perkembangan motorik tangan sangat penting agar bayi bisa menggunakan kedua tangan untuk membantu menopang tubuh. Lakukan:
  • Pada posisi berbaring, latih tangan bayi untuk memegang mainannya. Biarkan ia menggerak-gerakkannya sesuka hati
  • Latih bayi untuk meraih benda yang sedikit lebih jauh dari jangkauan tangannya.(me)
Baca juga:
Melatih Bayi Duduk

 



Artikel Rekomendasi