Tanda dan Gejala Sinusitis Bayi

 

Anak-anak mudah menderita infeksi pada hidung, sinus, dan telinga. Penyebabnya paling sering adalah virus yang dapat diperberat oleh alergi. Berikut beberapa tanda dan gejala infeksi sinusitis pada anak-anak:

-    Batuk pilek selama 10 sampai 14 hari dan sering disertai demam
-    Ingus kental berwarna kuning kehijauan
-    Terasa ingus yang tertelan yang disertai radang tenggorok, batuk, bau mulut dan mual
-    Rewel dan lemas
-    Daerah di sekitar mata agak bengkak

Pada sinusitis akut sebagian besar anak memiliki respon baik terhadap terapi antibiotik. Semprotan hidung dekongestan atau semprot hidung saline juga dapat diresepkan untuk bantuan jangka pendek terhadap hidung mampet. Tetes atau semprot saline nasal (air asin) dapat membantu mengurangi ingus dan meningkatkan fungsi membran mukosa. Obat dekongestan dan antihistamin yang dijual bebas kurang efektif pada infeksi saluran pernafasan atas yang disebabkan oleh virus. Obat itu tidak boleh diberikan kepada anak-anak berusia lebih muda dari dua tahun.

Jika anak menderita sinusitis akut, tanda dan gejala biasanya berkurang dalam beberapa hari pertama pengobatan. Untuk pengobatan, penting untuk menyelesaikan terapi antibiotik. Bahkan jika keadaan anak Anda membaik secara dramatis dalam minggu pertama pengobatan, adalah penting untuk menyelesaikan terapi antibiotik.

Sinusitis kronis terjadi bila anak menderita dari satu atau lebih gejala sinusitis selama setidaknya 12 minggu. Sinusitis kronis atau episode berulang dari sinusitis akut yang berjumlah lebih dari 4-6 kejadian dalam  setahun merupakan indikasi anak perlu konsultasikan ke dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorok.

(SHEIKA RAUF/ERN)

Baca Juga:
Antisipasi Alergi Sinusitis Anak
Balita Hobi Mendengkur
Melawan Alergi pada Anak

 



Artikel Rekomendasi