Tanda Lahir, Berbahayakah?

 



Dari 1.000 bayi yang lahir, 1 di antaranya pasti memiliki tanda lahir. Warna tanda lahir pada bayi bisa sangat bervariasi, mulai dari merah muda, merah, kekuningan, kecoklatan, hingga hitam.

Bentuknya juga sangat beragam, dan bisa tumbuh di berbagai bagian tubuh bayi. Tanda lahir ini ada yang tidak berbahaya, namun ada juga yang merupakan bagian dari penyakit lain yang perlu ditindaklanjuti dengan cermat dan menyeluruh, bahkan ada yang berpotensi berkembang menjadi kanker. Mari kenali mana yang berbahaya.

Venous malformations



Tanda lahir ini merupakan pelebaran dari urat nadi dan biasanya baru terlihat beberapa minggu atau beberapa bulan setelah bayi lahir serta sangat jarang dijumpai. Berbentuk jalinan pembuluh darah yang ukurannya lebih besar dan lebih menonjol di permukaan kulit dibandingkan jenis tanda lahir lainnya.

Umumnya muncul pada daerah sekitar rahang, pipi, lidah, dan bibir. Sejalan dengan usia bayi yang semakin bertambah, tanda lahir ini pun akan ikut membesar dan tumbuh terus secara perlahan.

Dampak
Tidak seperti jenis tanda lahir lain yang akan menghilang ketika bayi semakin besar, tanda lahir ini justru akan semakin berkembang dan menimbulkan rasa sakit pada bayi. Maka perlu dilakukan tindakan pengobatan bila sudah mengganggu.



Port wine stain



Tanda lahir yang terbentuk akibat pelebaran pembuluh darah kapiler ini warnanya merah anggur atau merah muda. Semakin bertambah usia bayi, warnanya akan berubah menjadi lebih gelap dan keunguan.

Selain bertambah gelap warnanya, tanda lahir ini juga akan semakin melebar dan menebal ketika bayi menjadi semakin besar. Tiga dari 1.000 bayi yang lahir memiliki tanda lahir port wine stain.

Dampak
Dapat berbahaya bila tanda lahir ini tumbuh di daerah mata, terutama kelopak mata, karena dapat menyebabkan gangguan dan menimbulkan tekanan pada mata. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan terapi laser sebelum terlanjur membesar dan menebal.

Café au lait spot



Sesuai dengan makna nama yang diberikan, tanda lahir ini tampak sebagai  bercak yang berwarna kopi susu, yaitu kecoklatan. Munculnya tanda lahir ini bisa di bagian tubuh mana saja.

Seiring pertambahan usia bayi, tanda lahir ini akan ikut membesar, atau bertambah banyak. Café au lait spot dapat merupakan tanda lahir biasa atau dapat juga menjadi tanda adanya penyakit neurofibromatosis. Sejenis penyakit genetik langka yang menyebabkan munculnya benjolan seperti daging lembut yang berasal dari jaringan saraf.

Dampak
Bila merupakan bagian dari penyakit neurofibromatosis, maka setelah anak berusia lebih besar mulai timbul benjolan (tumor) pada kulit yang semakin lama semakin banyak. Dan, dapat menganggu fungsi organ lain seperti mata, pendengaran, dan tulang. 



Nevus sebaceous

 

Tanda lahir ini relatif jarang ditemukan. Ini adalah sejenis kelainan genetik yang terjadi pada kelenjar minyak, terutama pada daerah kulit kepala, yang berfungsi menghasilkan minyak (sebum) agar kulit kepala tidak kering.

Kebanyakan muncul dalam bentuk plak berwarna kekuningan atau merah muda pada kulit kepala maupun wajah bayi. Semakin bertambah usia bayi, tanda lahir ini akan semakin jelas dan semakin menonjol ke permukaan kulit.

Dampak
Bila tanda lahir ini semakin membesar di kulit kepala, biasanya akan menimbulkan kebotakan. Untuk mengatasinya, biasanya dilakukan operasi untuk mengangkat kelainan ini.


Giant congenital melanocytic nevi



Tanda lahir ini muncul pada saat lahir, berbentuk seperti ‘tahi lalat’ yang besar, kadang-kadang berambut, dengan ukuran besar, bisa lebih besar dari ukuran telapak tangannya serta dapat timbul di area manapun pada tubuh.

Dampak
Memiliki kemungkinan berubah menjadi tumor ganas pada kulit, otak atau susunan saraf pusat.  Sebaiknya, Anda segera memeriksakan bayi Anda ke dokter spesialis kulit atau dokter spesialis anak bila menjumpai tanda lahir seperti ini.



Strawberry marks



Salah satu jenisnya adalah strawberry nevus atau strawberry hemangioma yaitu pembuluh darah kecil (kapiler) yang menonjol ke permukaan kulit. Tanda lahir ini ada yang muncul sebelum maupun sesudah bayi lahir.

Setiap tahun sekitar 400.000 bayi lahir dengan tanda lahir strawberry marks. Bisa muncul di berbagai bagian tubuh bayi dan bertambah besar selama 6 bulan pertama.

Dampak
Bila strawberry marks ini tumbuh di daerah mata, harus diberikan pengobatan karena dapat mengganggu fungsi penglihatan. 
 
Sedikit catatan untuk bunda, inilah tanda lahir yang tidak berbahaya untuk bayi Anda:

1. Salmon patch, biasanya muncul di daerah leher, belakang kepala, dahi, dan kelopak mata dan berwarna kemerahan serta akan hilang dengan sendirinya.

2. Tahi lalat biasa (pigmented nevi), sudah muncul di kulit sejak bayi lahir. Umumnya berwarna coklat sampai hitam tidak akan hilang seumur hidup.

3. Mongolian spot, umumnya muncul pada bayi-bayi yang berkulit gelap, dan kebanyakan tampak pada punggung bagian bawah dan daerah sekitar bokong. Sekilas bentuknya seperti bekas memar, kebiru-biruan, kehitaman, atau kehijauan. Akan memudar setelah bayi mencapai usia prasekolah.

KONSULTASI: dr. SRIE PRIHIANTI, Ph.D., SpKK, DOKTER ERHA CLINIC, JAKARTA.

 



Artikel Rekomendasi