Teknik Menyusui Bayi Prematur

 




Koordinasi mengisap, menelan, dan bernapas saat menyusui umumnya dimiliki bayi yang lahir di usia kehamilan 34-35 minggu. Namun, ada juga bayi prematur (32 minggu) yang mampu melakukannya.

Tentu saja tidak semua bayi prematur “segesit” itu karena perkembangan setiap bayi itu unik. Bayi prematur dengan berat lahir 700 gram mampu mengisap ASI langsung dari payudara ibu.

Bagaimana jika belum mampu?
Dokter akan menggunakan alat bantu selang nasogastric tube yang dipasang dari mulut bayi langsung masuk ke lambung. Selang ini juga membantu dokter memantau tingkat kematangan pencernaan bayi, dengan melihat volume ASI yang dapat dicerna, serta ada tidaknya perdarahan lambung yang sering dialami bayi prematur.

Volume ASI yang diberikan disesuaikan dengan kondisi pencernaan bayi.

Bayi yang lahir sebelum usia kandungan 34-35 minggu biasanya belum memiliki refleks mengisap. Untuk merangsang timbulnya refleks mengisap, ASI diberikan menggunakan botol dilengkapi dot.

Setelah bayi mengembangkan refleks mengisap, mulai aktif, dan suhu tubuhnya normal (tidak mengalami penurunan suhu tubuh), Anda boleh mengajarinya mengisap ASI langsung dari puting payudara.

Bila bayi masih mengalami kesulitan, berikan ASI menggunakan cangkir dan sendok. Caranya, biarkan bayi menjulurkan lidah untuk menjilat ASI, jadi jangan menuangkan ASI ke mulutnya
 

 



Artikel Rekomendasi