Tes APGAR pada Bayi Prematur

 

Setelah proses persalinan selesai, tim dokter yang terdiri dari dokter kandungan yang membantu ibu bersalin dan dokter anak akan memeriksa organ tubuh bayi untuk memastikan organ tubuhnya bisa berfungsi dengan baik. Salah satunya tes APGAR untuk menilai kemampuan bayi baru lahir beradaptasi dengan dunia di luar rahim.
Nilai APGAR yang rendah banyak terjadi pada bayi prematur, atau bayi yang lahir sebelum 37 minggu karena organ-organ tubuhnya belum matang. Misalnya tangisnya tidak kuat karena belum matangnya struktur penunjang saluran napas. Tapi, nilai yang rendah tidak menjamin kondisi bayi buruk. Untuk bayi prematur, standar nilai APGAR-nya tidak bisa disamakan dengan bayi lahir cukup umur. Sudah dipersiapkan tindakan khusus saat menangani kelahiran bayi prematur.
Jika pada tes pertama dan kedua hasil tes APGAR masih kurang dari 7, penilaian akan dilanjutkan tiap 5 menit sampai skor mencapai 7 pada menit ke-10, 15 dan 20. Bila nilai APGAR masih rendah berarti risiko kematian atau penyakit pada bayi tinggi.
Nilai APGAR juga berguna untuk mengukur keberhasilan pertolongan pertama untuk mengembalikan fungsi pernapasan dan jantung bayi baru lahir serta menentukan prediksi perkembangan penyakit.

PenilaianAPGAR

Apgar

Nilai 0

Nilai 1

Nilai 2

Appearance

Seluruh tubuhnya kebiruan atau pucat

Ujung jari kaki dan tangan kebiruan, tapi tubuh berwarna merah muda

Seluruh tubuh berwarna merah muda, tidak ada semburat kebiruan

Pulse

Detak jantung kurang dari 60/menit

Detak jantung antara 60-100/menit

Detak jantung lebih dari 100/menit

Grimace

Tidak memberikan respons bila distimulasi

Menangis ketika distimulasi

Bersin/batuk/menjauh ketika distimulasi

Activity

Tidak ada aktivitas

Ada sedikit gerakan

Gerakan aktif

Respiration

Tidak bernapas

Tidak teratur, terputus-putus dan tangisan lemah

Kuat dan tangisannya keras

 

Baca juga:
Lebih Dekat dengan NICU

 



Artikel Rekomendasi

post4

Stimulasi Khusus Bayi Prematur

Bayi prematur kemungkinan memang lebih lambat dalam menguasai suatu keterampilan dibanding bayi lahir cukup bulan. Pemantauan tumbuh kembang sebaiknya dilakukan berdasarkan usia sesungguhnya dari bayi... read more